Search This Blog

4 Jalur Masuk dan Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023 Terbaru

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
4 Jalur Masuk dan Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023 Terbaru
Jun 11th 2023, 18:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023. (Foto: Muhsin Ahmad | Unsplash.com)
Ilustrasi Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023. (Foto: Muhsin Ahmad | Unsplash.com)

Indormasi syarat masuk SMP jalur prestasi 2023 banyak dicari.Setelah lulus dari SD, murid akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Agar dapat diterima di sekolah impian, ada beberapa persyaratan sesuai jalur masuk.

Jalur prestasi merupakan satu dari beberapa jalur PPDB yang dapat dipilih. Berbeda dengan jalur lainnya, calon peserta didik harus memiliki prestasi akademik atau non akademik untuk dapat lolos jalur ini.

Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023 dan 4 Jalur Masuk PPDB

Ilustrasi Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023. (Foto: En Ji | Unsplash.com)
Ilustrasi Syarat Masuk SMP Jalur Prestasi 2023. (Foto: En Ji | Unsplash.com)

Setiap tahunnya negara akan menyelenggarakan PPDB. Mengutip buku Kado Untuk Guru Profesional, Rasto (2021), Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) adalah salah satu mekanisme dari penyelenggaraan sistem pendidikan yang dilakukan saat menjelang tahun pelajaran bar, dimana terjadinya penyeleksian calon peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku hina diterima sebagai peserta didik dalam satuan pendidikan tersebut.

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA) berdasarkan nilai sekolah atau nilai Ujian Nasional (UN). selain menggunakan nilai ujian tersebut, terdapat jalur lainnya.

Pada tahun 2023 ini, setidaknya terdapat empat jalur PPDB. apa saja jalur-jalurnya?

1. Jalur Zonasi

Seperti namanya, jalur zonasi adalah penerimaan calon peserta didik berdasarkan wilayah tempat tinggalnya. Kuota jalur zonasi PPDB ini sebanyak minimal lima puluh persen dari total kuota.

2. Jalur Afirmasi

Selanjutnya adalah jalur afirmasi. Jalur afirmasi ini memiliki tujuan agar masyarakat dari kalangan keluarga ekonomi yang tidak mampu mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

Selain itu, jalur afirmasi ini juga ditujukkan untuk calon peserta didik yang merupakan penyandang disabilitas. Kuota jalur ini sebanyak minimal lima belas persen.

3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

Jalur ini khusus ditujukkan pada anakn yang orang tua atau walinya berpindah tugas. Sehingga dapat mengakomodasi peserta didik karena merupakan hal yang tidak dapat dipilih. Kuota jalur ini adalah minimal lima persen.

4. Jalur Prestasi

Jalur prestasi dibuka jika terdapat sisa kuota. Jalur ini ditunjukkan agar dapat membangun iklim kompetisis sehingga dapat mendorong prestasi para peserta didik di sekolah. Berikut syarat masuk smp jalur prestasi 2023:

Menggunakan nilai raport lima semester dan dilengkapi dengan surat keterangan peringkat rapor dari sekolah asal

Bukti prestasi minimal diterbitkan enam bulan atau maksimal tiga tahun sebelum pendaftaran PPDB.

Baca juga: Pengertian Persiapan Kelas Industri PPDB sebagai Jalur Seleksi Khusus

Itu tadi adalah empat jalur serta syarat masuk SMP jalur prestasi 2023. Selain calon peserta didik, orang tua juga harus mengetahui jalur dan persyaratannya sebelum PPDB dimulai. (FAR)

Media files:
01h2md9ag4jgd452raac9fzz4r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar