Search This Blog

Cara Mengecek Weton dalam Kebudayaan Jawa dengan Langkah Mudah

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Mengecek Weton dalam Kebudayaan Jawa dengan Langkah Mudah
Jul 6th 2024, 19:24, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Mengecek Weton. Foto: dok. Unsplash/Adam Tinworth
Ilustrasi Cara Mengecek Weton. Foto: dok. Unsplash/Adam Tinworth

Cara mengecek weton dikenal sebagai suatu kebudayaan Jawa yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Pengecekan digunakan untuk menentukan tanggal terbaik untuk menggelar acara besar.

Untuk dapat menghitung weton dibutuhkan cara khusus. Sebelum mengetahui cara untuk menghitungnya, penting untuk mengenal definisinya.

Cara Mengecek Weton dengan Langkah Mudah

Ilustrasi Cara Mengecek Weton. Foto: dok. Unsplash/Julia Taubitz
Ilustrasi Cara Mengecek Weton. Foto: dok. Unsplash/Julia Taubitz

Sebagai salah satu tradisi yang hingga saat ini masih banyak dipercaya, khususnya di kalangan masyarakat Jawa, Weton merupakan sistem penanggalan dalam kalender Jawa yang menyangkut hari kelahiran seseorang.

Mengutip dari buku berjudul A Girl Handbook Of Fortune Telling, Dita Nadia (2008:114) ramalan weton adalah ramalan berdasarkan hari kelahiran dalam primbon Jawa.

Dikutip dari dalam buku berjudul Persaingan Calon Kepala Desa di Jawa, M. Syahbudin Latif (2000:109) bagi masyarakat Jawa, penghitungan weton menjadi hal yang sangat penting untuk mengadakan berbagai perhitungan, contohnya untuk menentukan tanggal pernikahan dan hari-hari penting lainnya, agar hajatnya dapat berjalan dengan sukses dan lancar..

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, weton dapat dihitung dengan cara mengetahui hari kelahiran seseorang berdasarkan kalender Jawa.

Setelah mencari tahu hari kelahiran seseorang, nantinya hasil perhitungan ini dicocokkan dengan suatu kumpulan bilangan. Kumpulan bilangan ini nantinya akan membawa pada ramalan-ramalan yang memprediksikan hajat yang akan dilangsungkan.

Hitungan weton dapat dilakukan berdasarkan hari pasaran yang berlaku dalam kalender Jawa. Hari pasaran dalam kepercayaan Jawa antara lain Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing.

Hitungan weton juga dapat dilakukan berdasarkan bulan dan tahun kelahiran seseorang yang menggelar acara. Nantinya perhitungan weton ini dapat digunakan untuk menentukan tanggal baik dalam menggelar acara pernikahan, syukuran, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menghitung Weton Jawa untuk Pernikahan yang Benar

Itu dia cara mengecek weton sebagai panduan dalam mengetahui weton dari seseorang. Menghitung weton juga dipercaya sebagian masyarakat untuk menentukan hari besar yang akan diadakan (DAP)

Media files:
01j238vtyjvbmch57qdjk1f07k.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar