Search This Blog

10 Indikator Muslim yang Benar dan Baik dalam Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
10 Indikator Muslim yang Benar dan Baik dalam Islam
Oct 7th 2024, 17:14, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sebutkan dan Uraikan Indikator Muslim yang Benar dan Baik        Sumber Unsplash/Dhan
Ilustrasi Sebutkan dan Uraikan Indikator Muslim yang Benar dan Baik Sumber Unsplash/Dhan

Sebutkan dan uraikan indikator muslim yang benar dan baik! Soal ini menjadi bagian dari tugas Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa kelas 9.

Sebagai manusia, umat muslim memiliki indikasi untuk berbuat baik dan juga berbuat buruk. Indikator yang menentukan sikap muslim dapat diketahui berdasarkan karakteristiknya.

Sebutkan dan Uraikan Indikator Muslim yang Benar dan Baik! Inilah Karakteristiknya

Ilustrasi Sebutkan dan Uraikan Indikator Muslim yang Benar dan Baik        Sumber Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Sebutkan dan Uraikan Indikator Muslim yang Benar dan Baik Sumber Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Terdapat beberapa karakteristik yang harus dimiliki sebagai indikator muslim yang baik dan benar. Berdasarkan buku Model Ulul Ilmi Membentuk Kepribadian Islami, Nurti Budiyanti (2022:45), berikut adalah jawaban untuk soal sebutkan dan uraikan indikator muslim yang benar dan baik.

1. Salimu al-Aqidah

Dengan memikiki akidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat dengan Allah Swt. Hal ini akan membuatnya tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuan-Nya.

2. Sahihu al-Ibadah

Melaksanakan ibadah dengan benar merupakan perintah Rasulullah saw yang penting, dan tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.

3. Matinu al-Khuluq

Akhlak yang mulia merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh umat muslim, baik dalam hubungannya dengan Allah maupun dengan makhluk-makhluk-Nya. Muslim berakhlak mulia akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya, baik di dunia maupun di akhirat.

4. Qawiyyu al-Jismi

Qawiyyu al-Jismi adalah kekuatan jasmani. Muslim dituntut memiliki daya tahan tubuh, sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat.

5. Musaqqaf al-Fikri

Intelek dalam berfikir merupakan salah satu indikator pribadi muslim yang penting. Oleh karena itu, salah satu sifat Rasul adalah fatanah (cerdas), dan Al-Qur'an banyak mengungkap ayat-ayat yang merangsang untuk berpikir.

6. Mujahadah Li al-Nafsihi

Berjuang melawan hawa napsu merupakan salah satu indikator kepribadian yang harus ada pada diri seorang muslim. Hal ini tidak terlepas dari manusia yang memiliki kecenderungan pada yang baik dan buruk.

7. Harisun ala Waqtihi

Pandai menjaga waktu merupakan indikator penting bagi muslim yang baik dan benar. Hal ini karena waktu mendapat perhatian yang begitu besar dari Allah dan Rasul-Nya.

8. Munazamun Fi Syunihi

Teratur dalam suatu urusan termasuk karakteristik muslim yang harus ditekankan. Segala urusan baik yang terkait dengan ubudiyah, maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik.

9. Qadirun Ala al-Kasbi

Memiliki kemampuan usaha sendiri atau yang juga disebut dengan mandiri merupakan karakteristik lain yang harus ada pada muslim. Manfaatnya untuk mempertahankan dan menegakkan kebenaran.

10. Nafi'un Li Ghairihi

Indikator muslim yang ideal adalah mampu bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh sesama makhluk hidup dan alam semesta.

Baca juga: Sikap dan Perilaku Umat Islam yang Sejalan dengan Pola Pikir Kritis dan Cerdas

Sebutkan dan uraikan indikator muslim yang benar dan baik! Salah satu indikator yang wajib dimiliki muslim adalah karakteristik Salimu al-Aqidah, yaitu akidah yang lurus. (DK)

Media files:
01j9h9yh0qxd3tvpdssxej6y45.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar