Search This Blog

Definisi dan Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan atau Sales Promotion

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Definisi dan Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan atau Sales Promotion
Jun 17th 2024, 21:28, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan Adalah. Sumber: Pexels/Sora Shimazaki
Ilustrasi Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan Adalah. Sumber: Pexels/Sora Shimazaki

Promosi penjualan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengajak konsumen membeli produk dengan menyentuh sisi pikiran secara masuk akal serta rasional. Contoh wujud nyata kegiatan promosi penjualan adalah diskon, hadiah gratis, dan lain sebagainya.

Promosi penjualan merupakan tipe marketing yang banyak digunakan oleh para pemilik bisnis. Biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk yang baru, menghabiskan stok produk lama, dan juga menaikkan penjualan.

Pengertiain serta Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan

Ilustrasi Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan Adalah. Sumber: Pexels/Markusspiske
Ilustrasi Contoh Wujud Nyata Kegiatan Promosi Penjualan Adalah. Sumber: Pexels/Markusspiske

Dikutip dari buku Faktor Situasional, Atmosfir Toko, Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonik Pada Pembelian Impulsif Konsumen, Mamuaya (2021), promosi penjualan didefinisikan sebagai berikut.

Insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atas suatu produk atau jasa tertentu oleh konsumen, dengan indikator-indikator: sampel, kupon, kemasan harga, premi, hadiah, dan percobaan gratis.

Promosi penjualan juga biasa dikenal dengan sebutan sales promotion. Pada umumnya, promosi penjualan hanya berlangsung sementara. Hal itu dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap suatu produk.

Penyebab adanya promosi penjualan adalah persaingan ketat antara satu merek dengan merek lainnya. Dengan menggunakan promosi penjualan, suatu merek dagang dapat membuka peluang untuk menarik perhatian para konsumen.

Lantas apa saja contoh dari promosi penjualan? Contoh wujud nyata kegiatan promosi penjualan adalah diskon, hadiah gratis, kupon, dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya.

1. Diskon

Diskon dikenal juga sebagai potongan harga. biasanya , diskon dapat mendorong minat para konsumen untuk membeli suatu produk. Hal itu karena barang yang diskon dapat dibeli lebih murah dibandingkan barang tanpa potongan harga.

2. Kupon atau Voucher

Contoh selanjutnya adalah kupon atau voucher. Kupon dapat menciptakan kesan eksklusif jika diberikan kepada orang-orang yang terpilih. Terlebih lagi jika kupon tersebut memiliki batas waktu penggunaannya. Jadi, konsumen yang mendapatkan kupon akan merasa harus menggunakannya sebelum tenggat waktu.

3. Hadiah Gratis

Hadiah gratis juga merupakan contoh dari promosi penjualan. Hadiah gratis dapat berupa apapun. Misalnya sebuah restoran memberikan hadiah gratis berupa camilan atau hidangan penutup.

4. Sample Gratis

Sample gratis termasuk promosi penjualan. Memberikan sample gratis dapat memicu konsumen untuk membeli suatu produk.

Baca juga: Pihak yang Menjadi Objek Pembaca Iklan dalam Teknik Marketing

Contoh wujud nyata kegiatan promosi penjualan adalah diskon, hadiah gratis, kupon, dan lain sebagainya. Dengan promosi penjualan, konsumen dapat lebih tertarik untuk membeli suatu produk. (FAR)

Media files:
01j0jxbsbpbhp9g8r46kja6g9a.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts