Reuse, reduce, dan recycle adalah cara untuk mengelola limbah. Hal ini perlu dipelajari siswa di sekolah. Di akhir pembelajaran, siswa akan memperoleh berbagai pertanyaan seperti "sebutkan 3 contohreuse, reduce, dan recycle!".
Mengetahui jawaban dari pertanyaan itu merupakan hal yang penting bagi siswa agar tidak kesulitan saat menghadapi ujian. Selain itu, siswa juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.
Gerakan reuse, reduce, dan recycle atau 3R muncul saat masyarakat mulai menyadari pentingnya pengelolaan limbah. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya sampah yang menjadi polusi di Bumi.
Gerakan ini pun terus berkembang hingga melahirkan berbagai perilaku yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Perilaku tersebut dapat dilihat dalam contoh reuse, reduce, dan recycle beserta penjelasan singkatnya di bawah ini.
1. Reuse
Mengutip buku Pengertian Istilah Prasarana Lingkungan, Sarwoko Mangkoedihardjo (2022: 137), reuse adalah perilaku untuk memanfaatkan jenis sampah. Jadi, suatu barang digunakan lagi sebelum dibuang.
Ada berbagai contoh perilaku yang bisa diterapkan siswa dalam hal ini, seperti.
Menggunakan serbet yang bisa digunakan kembali alih-alih tidur yang hanya bisa sekali pakai.
Menggunakan galon untuk diisi ulang dengan air mineral.
Memanfaatkan berbagai barang bekas sebagai hiasan rumah.
2. Reduce
Berbeda dengan reuse, reduce adalah perilaku untuk mengurangi limbah atau sampah sebisa mungkin. Umumnya, pengurangan sampah ini berfokus kepada barang-barang yang sulit terurai.
Berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah tersebut antara lain.
Menggunakan tas belanja alih-alih tas plastik yang sulit terurai.
Membawa botol minuman sendiri daripada membeli air kemasan.
Membawa tempat makanan sendiri alih-alih menggunakan sterofoam.
3. Recycle
Recycle adalah memanfaatkan produk hasil olahan limbah atau barang-barang yang tidak dipakai lagi. Dengan demikian, limbah atau sampah tidak dibuang begitu saja dan bisa kembali bermanfaat.
Contoh recycle dalam kehidupan sehari-hari.
Memanfaatkan kertas hasil pengolahan kertas lama.
Menggunakan produk kerajinan hasil daur ulang kemasan plastik.
Mendaur ulang sampah organik agar bisa menjadi pupuk.
Selain contoh reuse, reduce, dan recycle di atas, masih ada hal lain yang bisa dilakukan siswa untuk mengelola limbah dengan lebih baik. Salah satunya adalah membuang sampah berdasarkan jenisnya. (LOV)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar