Search This Blog

Pengertian Meganthropus Javanicus beserta Ciri-Ciri dan Sejarah Penemuannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Meganthropus Javanicus beserta Ciri-Ciri dan Sejarah Penemuannya
Dec 2nd 2023, 20:11, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Meganthropus paleojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Sumber: pexels.com/Kris Schulze
Ilustrasi Meganthropus paleojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Sumber: pexels.com/Kris Schulze

Meganthropus paleojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Manusia purba ini sering dipelajari dalam materi masa kehidupan pra-aksara di Indonesia. Selain itu, ada banyak jenis manusia purba lain yang ditemukan di Indonesia.

Tokoh penelitian fosil manusia purba adalah Eugene Dubois yang berhasil menemukan fosil tengkorak pada tahun 1891 di Trinil. Penelitian tersebut menjadi awal dari penelitian fosil manusia purba di Indonesia.

Meganthropus Paleojavanicus artinya Manusia Raksasa dari Jawa

Ilustrasi Meganthropus palaeojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Sumber: pexels.com/Megan Mulleady
Ilustrasi Meganthropus palaeojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Sumber: pexels.com/Megan Mulleady

Mengutip buku Manusia Purba di Indonesia oleh Aldriyanto Trimaryanto (2019: 15), Meganthropus adalah jenis manusia purba paling tua yang diperkirakan hidup sekitar dua atau satu juta tahun yang lalu sekitar masa Pleistosen awal. Ciri-ciri Meganthropus palaeojavanicus adalah sebagai berikut:

  • Berbadan tegap dengan tonjolan tajam di belakang kepala

  • Bertulang pipi tebal

  • Memiliki tonjolan kening yang mencolok

  • Tidak berdagu

  • Memiliki otot kunyah, gigi, dan rahang yang berukuran besar dan kuat

Pada tahun 1936 - 1941, seorang peneliti, G.H.R von Koenigswald mengadakan penelitian di sepanjang lembah Sungai Bengawan Solo. Von Koenigswald pernah melakukan penelitian di wilayah Perning, Mojokerto pada tahun 1936, di Trinil pada tahun 1939, dan penelitian di Sangiran pada tahun 1941.

Pada penelitiannya di tahun 1941, von Koenigswald berhasil menemukan fosil manusia purba pada lapisan Pleistosen tua (bawah). Fosil yang ditemukannya adalah rahang bagian bawah dan atas. Ukuran tubuh fosil tersebut lebih besar dari ukuran manusia purba lainnya sehingga fosil manusia purba tersebut dinamakan sebagai Meganthorpus paleojavanicus atau manusia raksasa tertua dari Jawa.

Pada tahun 1952, peneliti Marks menemukan fosil rahang bawah Meganthropus yang lain pada lapisan Kabuh (Pleistosen tengah) di Sangiran. Berdasarkan umur lapisan tanah, fosil tersebut diperkirakan berumur 1-2 juta tahun. Meganthropus diperkirakan hidup dengan cara mengumpulkan makanan. Makanan mereka yang utama adalah tumbuhan dan buah buahan.

Baca juga: Manusia Purba di Indonesia, Ada Apa Saja?

Meganthropus paleojavanicus artinya manusia raksasa dari Jawa. Selain itu, ada banyak jenis fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia salah satunya Pithecanthropus soloensis. Semoga penelitian ini dapat menambah pengetahuan mengenai pengertian, ciri-ciri, serta sejarah penemuan Meganthropus paleojavanicus. (IND)

Media files:
01hgmwpk9p54aa3hznn4qa3d3b.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar