Search This Blog

Contoh Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Contoh Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari
Jan 7th 2024, 18:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari. Sumber foto: unsplash.com/Jon Tyson
Ilustrasi Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari. Sumber foto: unsplash.com/Jon Tyson

Berbicara mengenai kata dharma dalam kehidupan, tentunya tidak bisa dilepaskan dari ajaran umat Hindu. Ada banyak contoh penerapan nilai-nilai dharma dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, sebelum membahas penerapan dari dharma, maka wajib untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan dharma terlebih dahulu.

Contoh Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari. Sumber foto: unsplash.com/Zac Durant
Ilustrasi Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari. Sumber foto: unsplash.com/Zac Durant

Dikutip dari laman resmi Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, bimashindu.kemenag.go.id, dharma adalah kata yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti kewajiban, tugas, atau hukum moral.

Dalam agama Hindu, dharma adalah salah satu konsep utama yang mengatur tata cara hidup manusia sesuai dengan kodrat dan tujuan hidupnya.

Dharma juga merupakan salah satu dari empat tujuan hidup manusia (purusartha) yang lainnya adalah artha (kekayaan), kama (kenikmatan), dan moksa (pembebasan).

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat menerapkan nilai-nilai dharma dengan berbagai cara, baik dalam hubungan dengan diri sendiri, sesama manusia, maupun alam semesta.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan nilai-nilai dharma dalam kehidupan sehari-hari.

  • Beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dengan tulus dan khusyuk. Misalnya, melakukan sholat lima waktu bagi umat Islam, sembahyang di pura bagi umat Hindu, atau berdoa di gereja bagi umat Kristen.

  • Menghormati orang tua, guru, dan orang yang lebih tua dengan sopan dan santun. Misalnya, memberi salam, membungkuk, atau mencium tangan ketika bertemu atau pamit, mendengarkan nasihat atau arahan mereka dengan baik, atau membantu pekerjaan mereka jika perlu.

  • Menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan alam sekitar dengan rajin dan bertanggung jawab. Misalnya, mandi dan berganti pakaian setiap hari, membuang sampah pada tempatnya, atau menanam pohon dan bunga di halaman rumah.

  • Menolong orang yang membutuhkan tanpa pamrih atau mengharapkan imbalan. Misalnya, memberi sedekah kepada fakir miskin, mengunjungi dan merawat orang sakit, atau menyelamatkan hewan yang terluka.

  • Belajar dengan giat dan tekun di sekolah atau di rumah untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Misalnya, mengikuti pelajaran dengan serius, mengerjakan tugas dengan tepat waktu, atau membaca buku-buku bermanfaat.

Baca juga: Mengenal Ajaran Suci Purana di Nusantara sesuai Kearifan Lokal

Ada banyak contoh penerapan nilai-nilai dharma dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk menjadi manusia yang baik dan berguna bagi diri sendiri, sesama, dan lingkungan. (WWN)

Media files:
01hkeqrsegmd1bkdt6e783xc4p.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar