Nov 9th 2023, 21:31, by Berita Terkini, Berita Terkini
Promosi umumnya digunakan dalam kegiatan pemasaran. Dengan adanya promosi, khalayak umum bisa mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain itu, masih ada beberapa tujuan promosi lainnya.
Kegiatan promosi adalah cara perusahaan untuk menginformasikan produk atau jasanya pada calon konsumen. Promosi juga dibagi menjadi beberapa jenis yang harus dipelajari.
Pengertian dan Tujuan Promosi
Apa itu promosi? Dikutip dari buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 2, Brahim, (2021:65), promosi merupakan aktivitas komunikasi yang dilakukan seseorang atau perusahaan dengan masyarakat luas untuk mengenalkan sesuatu dan memengaruhi masyarakat untuk membeli produk itu.
Adapun pengertian promosi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.
Harper Boyd: Promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep, dan gagasan.
Swastha: Promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Boone & Kurtz: Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan memengaruhi suatu keputusan pembelian.
Promosi biasanya dilakukan dengan tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa tujuan promosi.
1. Branding
Promosi dilakukan dengan tujuan untuk branding suatu produk atau perusahaan. Artinya, promosi dilakukan untuk membentuk citra atau kesan produk kepada pelanggan sesuai keinginan pelaku usaha.
2. Menarik Perhatian Pembeli
Promosi juga dilakukan untuk menarik perhatian pembeli. Dengan promosi, diharapkan masyarakat bisa tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
3. Menyebar Informasi
Tujuan selanjutnya adalah untuk menyebarkan informasi ke pelanggan. Informasi tersebut tentunya yang berkaitan dengan barang atau jasa yang dijual. Misalnya seperti informasi mengenai diskon atau bonus yang menarik.
Jenis-Jenis Promosi
Umumnya, jenis promosi dibagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah penjelasannya.
1. Promosi dengan Media Tradisional
Jenis promosi ini menggunakan media tradisional untuk berpromosi. Yang dimaksud media tradisional adalah majalah, tabloid, koran, televisi, radio dan lainnya. Selain itu, promosi ini juga banyak ditemui di luar ruangan seperti pada papan reklame, iklan banner, dan sebagainya.
2. Promosi dengan Media Digital
Saat ini, promosi dengan media digital termasuk jenis yang paling banyak digunakan. Promosi ini memanfaatkan internet dan media sosial sebagai medianya. Jenis ini juga dianggap lebih efektif karena bisa menjangkau masyarakat lebih luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar