Search This Blog

Progres Pembangunan Chinatown di Bandar Lampung, Anggaran Tahap 1 Capai Rp3 M

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Progres Pembangunan Chinatown di Bandar Lampung, Anggaran Tahap 1 Capai Rp3 M
Oct 9th 2024, 17:39, by eva nurdiah, Lampung Geh

Pembangunan tugu China Town teluk betung bandar lampung | foto: Eva nurdiah/Lampung Geh
Pembangunan tugu China Town teluk betung bandar lampung | foto: Eva nurdiah/Lampung Geh

Lampung Geh, Bandar Lampung – Melihat progres pembangunan kawasan Chinatown di Jalan Ikan Hiu, Teluk Betung, Bandar Lampung, yang anggaran tahap 1 mencapai Rp3 miliar. Dari pantauan Lampung Geh di lokasi, pembangunan telah mencapai beberapa penyelesaian dengan beberapa elemen utama yang mulai terlihat jelas. Gapura yang dirancang sudah hampir rampung, meski masih perlu tahap pengecatan, pemberian nama, dan perapihan terakhir. Sementara itu, Tugu Pagoda sudah berdiri menjulang tinggi, meski masih dalam proses pengukiran dan belum diberi warna. Proyek ini dimulai pada bulan Mei 2024 dengan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk pembangunan Tugu Pagoda dan gapura. Dengan desain yang mengadopsi bentuk pagoda, proyek ini diharapkan menjadi ikon baru di kawasan Teluk Betung. Namun, pembangunan ini menimbulkan perbedaan pendapat dari warga setempat. Salah seorang warga Bandar Lampung mengungkapkan pandangannya yang kurang mendukung proyek ini. "Mayoritas masyarakat di sini adalah warga Lampung, sedangkan pagoda identik dengan budaya Tionghoa. Menurut saya, lebih baik membangun tugu yang merepresentasikan tokoh adat Lampung, apalagi mayoritas penduduk di sini juga Muslim," ungkapnya.

Pembangunan gapura Chinatown teluk betung bandar lampung | foto: Eva nurdiah/Lampung Geh
Pembangunan gapura Chinatown teluk betung bandar lampung | foto: Eva nurdiah/Lampung Geh

Meski demikian, pemerintah kota menekankan bahwa pembangunan tugu pagoda dan gapura ini diharapkan menjadi simbol keberagaman dan kekayaan budaya di Bandar Lampung, sebuah kota yang dihuni oleh beragam etnis. Eva Dwiana, selaku Wali Kota Bandar Lampung menjelaskan pada wawancara 25 Mei 2024, bahwa pembangunan ini bertujuan untuk mengedepankan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, khususnya di Kota Bandar Lampung, serta menjadikan destinasi wisata dan kuliner di Teluk Betung Selatan. Hingga kini, proses pembangunan terus berjalan dengan target penyelesaian pada akhir tahun 2026. "Kami menargetkan pembangunan Chinatown Bandar Lampung akan rampung secara keseluruhan pada akhir tahun 2026, dengan anggaran total sebesar Rp 25 miliar," ujar Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, dalam sebuah wawancara pada 25 Mei 2024. (Eva/Ansa)

Media files:
01j9rdm7ks04jg9yhkf848a7ws.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar