Search This Blog

Mengenal Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia
Feb 27th 2023, 17:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia. (Foto: Burrough by https://pixabay.com/id/)
Ilustrasi Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia. (Foto: Burrough by https://pixabay.com/id/)

Pernahkah kamu membaca sebuah slogan dalam sebuah berita bahasa Indonesia? Slogan adalah sebuah kata atau frasa yang mudah diingat, digunakan misalnya pada partai politik atau dalam periklanan untuk menarik perhatian orang atau menyarankan sebuah gagasan dengan cepat. Adapun kata-kata yang digunakan dalam slogan hendaknya bersifat persuasif dan menarik.

Slogan dalam pengertiannya dibentuk untuk frasa yang mudah diingat, sehingga menjadi tajuk utama. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai karakteristik slogan.

Baca juga: 13 Kata-kata Slogan Keren Bekerja yang Menginspirasi

Kata-kata yang Digunakan dalam Slogan Hendaknya Bersifat Persuasif

Ilustrasi Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia. (Foto: geralt by https://pixabay.com/id/)
Ilustrasi Sifat Kata-Kata yang Digunakan dalam Slogan Bahasa Indonesia. (Foto: geralt by https://pixabay.com/id/)

Slogan merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan. Dikutip dari buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster yang ditulis oleh Arrie Widhayani (2020: 44), slogan biasanya ditulis dengan kalimat pendek, menarik, singkat, dan persuasif yang memiliki tujuan untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip, bahkan juga perkataan yang pendek dan mencolok sehingga mudah diingat.

Dalam membuat slogan, pemilihan isi tulisan penting untuk diperhatikan. Reklame harus terdiri dari kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh khalayak atau orang yang membacanya.

Selain itu, slogan juga memiliki unsur yang berbeda di antaranya adalah kata-kata dan suara. Perbedaan lainnya dari pengertian slogan adalah teks persuasif yang menggunakan unsur kata-kata. Selain itu, slogan juga memiliki unsur hubungan akibat sebab.

Kata-kata yang digunakan dalam slogan hendaknya bersifat persuasif dan menarik. Berikut adalah kriteria dalam menulis slogan:

  1. Kata-katanya singkat, padat, menarik, dan mudah diingat.

  2. Merupakan semboyan suatu organisasi/masyarakat.

  3. Kesesuaian slogan dengan tujuan tertentu harus ditentukan.

  4. Keaslian slogan (slogan yang dibuat tidak meniru atau mengulang dari yang sudah ada).

Tujuan menulis slogan masuk ke dalam salah satu tujuan menulis persuasif yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan kebenaran yang diutarakan, sehingga menulis slogan memiliki tujuan untuk memberikan informasi, dan bisa memengaruhi.

Demikian penjelasan mengenai kriteria penulisan sebuah slogan. Perlu diingat, kata-kata yang digunakan dalam slogan hendaknya bersifat persuasif dan menarik. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu! (CHL)

Media files:
01gt8hpr8w8zfs53agh5hfwdy6.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar