Search This Blog

Maksud dari Kode Kehormatan Pada Gerakan Pramuka

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Maksud dari Kode Kehormatan Pada Gerakan Pramuka
May 17th 2024, 20:44, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi apa yang dimaksud dengan kode kehormatan? Photo by Mochammad Hafidz on Unsplash
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan kode kehormatan? Photo by Mochammad Hafidz on Unsplash

Dalam Gerakan Pramuka di Indonesia ada kode kehormatan, yang menjadi aturan atau norma yang harus ditaati oleh seluruh anggota Pramuka Indonesia. Kode kehormatan ini terdiri dari beberapa macam. Apa yang dimaksud dengan kode kehormatan dalam Gerakan Pramuka Indonesia?

Di Indonesia, Pramuka menjadi bagian penting dalam sistem pendidikan Indonesia dan sosial kemasyarakatan. Hampir seluruh sekolah di Indonesia, terutama sekolah negeri, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, MAN, SMK, ada kegiatan kepramukaan.

Apa yang Dimaksud dengan Kode Kehormatan?

Ilustrasi apa yang dimaksud dengan kode kehormatan? Photo by septian akbar on Unsplash
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan kode kehormatan? Photo by septian akbar on Unsplash

Apa yang dimaksud dengan kode kehormatan? Dikutip dari buku Lambang Gerakan Pramuka dan Macam Kode Kehormatan Pramuka, R. Toto Sugiarto dkk (2021:85), Kode Kehormatan Pramuka merupakan serangkaian janji, nilai, dan norma yang harus dilaksanakan anggota pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi ukuran atau standar tingkah laku pramuka.

Kode kehormatan diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka Pasal 6. Dan, tercantum dalam Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka Pasal 12 dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka Pasal 14.

Kode Kehormatan terdiri dari janji yang disebut dengan Satya Pramuka, dan ketentuan moral yang disebut dengan Darma Pramuka.

Satya Pramuka:

  • Diucapkan secara sukarela calon anggota atau calon pengurus pramuka pada saat pelantikan menjadi anggota atau pengurus.

  • Dipergunakan sebagai pengikat diri demi kehormatannya untuk diamalkan

  • Dipakai sebagai dasar pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual, serta fisik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Darma Pramuka

  • Nilai dasar untuk membina dan mengembangkan akhlak mulia

  • Sistem nilai yang harus dihayati, dimiliki, dan diamalkan dalam kehidupan anggota pramuka di Masyarakat.

  • Landasan gerak bagi gerakan pramuka untuk mencapai tujuan pendidikan kepramukaan yang diwujudkan dalam kegiatan untuk mendorong peserta didik manunggal dengan Masyarakat, bersikap demokratis, saling menghormati, serta memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong

  • Kode etik bagi organisasi dan anggota gerakan pramuka

Baca Juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Ulasan di atas semoga menjawab pertanyaan yang dimaksud dengan kode kehormatan, terutama di dalam Gerakan Pramuka Indonesia, yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara.(IJS)

Media files:
01hy3234xev67qe5wstkteyyvp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar