Search This Blog

Ayat tentang Silaturahmi Lengkap dengan Terjemahannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ayat tentang Silaturahmi Lengkap dengan Terjemahannya
Apr 22nd 2023, 17:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. Adli Wahid (Unsplash)x
Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. Adli Wahid (Unsplash)x

Silaturahmi merupakan sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan umat muslim. Hal ini karena silaturahmi memiliki keutamaan yang berlimpah dan bermanfaat bagi umat muslim. Anjuran dan keutamaan dari silaturahmi bahkan dijelaskan dalam berbagai dalil. Berikut ini adalah beberapa ayat tentang silaturahmi yang disajikan lengkap dengan artinya.

Ayat tentang Silaturahmi yang Perlu Dipahami Umat Muslim

Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. MATAQ Darul Ulum (Unsplash)
Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. MATAQ Darul Ulum (Unsplash)

Menyambung tali silaturahmi antar sanak saudara adalah amalan yang diperintahkan bagi setiap umat Islam.

Dalam buku berjudul 5 Langkah Jitu Munajat Magnet Rezeki, Muhammad Syafie el-Bantanie (2013: 169), menjelaskan bahwa silaturahmi terdiri atas dua kata, yaitu shilat, yang berarti hubungan, menyambung; dan rahim, yang berarti kasih sayang. Jadi, silaturahmi adalah menyambung hubungan kasih sayang. Tujuan silaturahmi adalah merajut kasih sayang antara anggota keluarga, kerabat dan antara sahabat.

Selain merajut kasih sayang dengan sanak saudara, silaturahmi diperintahkan oleh Rasulullah. Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam hadis yang berbunyi:

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ
Artinya: "Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)." (HR. Bukhari no. 5983)
Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. Muhammad Amaan (Unsplash)
Ilustrasi Ayat Tentang Silaturahmi. Foto: dok. Muhammad Amaan (Unsplash)

Selain diperintahkan dalam hadis, silaturahmi juga dibahas dalam beberapa ayat Alquran.

Berikut ini adalah ayat tentang silaturahmi yang disajikan dengan latin dan artinya:

QS. An Nisa: 36

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (QS. An Nisa: 36)

QS Muhammad: 22-23

فَهَلۡ عَسَيۡتُمۡ اِنۡ تَوَلَّيۡتُمۡ اَنۡ تُفۡسِدُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَتُقَطِّعُوۡۤا اَرۡحَامَكُمۡ #اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ لَعَنَهُمُ اللّٰهُ فَاَصَمَّهُمۡ وَاَعۡمٰٓى اَبۡصَارَهُمۡ

Artinya: "Maka Apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya." (QS Muhammad; 22-23)

Baca juga: Perbedaan Silaturahmi dan Silaturahim dalam Agama Islam di Indonesia

Itulah ulasan ayat tentang silaturahmi yang dapat dipahami. Dengan mengetahui dalil-dalil ini, Anda dapat lebih termotivasi untuk menjalin tali silaturahmi dengan orang tua, kakak, adik dan kerabat jauh sehingga dapat kembali dekat seperti dulu. (DAP)

Media files:
01gybe5s2gfsz7b5525q7hp284.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar