Search This Blog

KAI Soal 5,2 Ton Rel yang Dicuri di Karawang: Itu Cadangan, Masih Digunakan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
KAI Soal 5,2 Ton Rel yang Dicuri di Karawang: Itu Cadangan, Masih Digunakan
Oct 15th 2024, 16:29, by Salmah Muslimah, kumparanNEWS

Polda Jawa Barat gelar jumpa pers ungkap kasus pencurian rel kereta api di Mapolda Jawa Barat, Selasa (15/10/2024). Foto: Robby Bouceu/kumparan
Polda Jawa Barat gelar jumpa pers ungkap kasus pencurian rel kereta api di Mapolda Jawa Barat, Selasa (15/10/2024). Foto: Robby Bouceu/kumparan

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, menampik anggapan tentang rel yang dicuri oleh tersangka JJ, JK, dan ES adalah merupakan besi-besi yang terbengkalai.

Dia menekankan besi-besi itu adalah rel cadangan, yang masih digunakan jika terjadi kondisi-kondisi tertentu di perlintasan, seperti rel patah, atau terjadi longsoran.

"Jadi bukan terbengkalai, bukan pembiaran, itu rel cadangan. Suatu waktu kami gunakan kalau ada kejadian misalkan longsoran, terus rel patah kami pakai untuk perancang," katanya saat konferensi pers di Mapolda Jabar, Selasa (15/10).

Ayep pun menyampaikan besi-besi itu secara prepal disimpan di kanan-kiri jalur perlintasan. Tapi rel cadangan dengan total berat 5,2 ton itu dicuri oleh tersangka JJ, JK, dan ES.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, ketiganya melakukan pencurian itu pada Jumat malam (11/10), dan ditangkap oleh Tim Resmob Polda Jabar pada Sabtu (12/10).

Mereka mencuri rel cadangan itu dengan cara memotong-motongnya ke ukuran 2,8 meter dengan bantuan alat las, kemudian diangkut ke dalam truk. Total, ada tiga puluh lima batang rel yang diangkut.

Rel Diduga Akan Dijual ke Bekasi

Jules menyebut, berdasarkan pengakuan ketiga tersangka yang merupakan warga Kabupaten Bandung Barat itu, besi-besi rel curian akan dijual ke pengepul di daerah Bekasi.

Kasus ini akan diselidiki lebih lanjut oleh Tim Ditreskrimum Polda Jabar. "Nanti, akan kita panggil, kita lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk kita mintai keterangan terkait penjualan," katanya.

Selain perkara penjualan, Jules juga menyampaikan, pihaknya masih melakukan pencarian terhadap orang-orang yang diduga rekan-rekan para tersangka untuk dilakukan penyelidikan mendalam.

"Yang masih dalam pencarian akan kita lakukan pendalaman untuk kita lakukan penyelidikan," katanya.

Media files:
01ja7ad716zhqprm89we42xsye.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar