Search This Blog

Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim
Oct 15th 2024, 18:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tulisan Arab Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa
Ilustrasi Tulisan Arab Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa

Tulisan Arab hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim merupakan hal penting yang perlu diketahui umat muslim secara umum. Selain mengenal tulisannya, penting pula untuk mengetahui makna dari kalimat thoyyibah tersebut.

Diketahui kalimat hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim merupakan salah satu bacaan zikir yang dianjurkan untuk diamalkan umat muslim.

Tulisan Arab Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim dan Artinya

Ilustrasi Tulisan Arab Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim. Foto: dok. Unsplash/Syed Hussaini
Ilustrasi Tulisan Arab Hasbiyallahu La Ilaha Illa Huwa 'alaihi Tawakkaltu Wahuwa Robbul Arsyil Adzim. Foto: dok. Unsplash/Syed Hussaini

Mengutip dari dalam buku berjudul Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera, M. Khalilurrahman Al Mahfani (2006:33), zikir secara etimologis berasal dari bahasa Arab yang berarti mengingat atau menyebut.

Namun dzikir dalam pengertian mengingat Allah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik secara lisan maupun dalam hati. Ada berbagai macam bacaan doa yang dapat diamalkan umat muslim.

Salah satu bacaan doa yang dapat diamalkan adalah kalimat hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim. Doa ini dibaca agar umat muslim dapat bertawakal hanya kepada Allah Swt.

Doa ini terdapat di dalam surat At Taubah ayat 129. Untuk dapat mengamalkannya, berikut ini adalah tulisan Arab hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim lengkap dengan arti dan bacaan latinnya:

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
Hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim
Artinya: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy (singgasana) yang agung."

Selain bacaan doa tersebut, terdapat kalimat zikir lainnya yang juga bermanfaat untuk diamalkan umat muslim. Berikut ini adalah bacaan doa lengkapnya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ
Allahumma antassalaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.
Artinya: "Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan."

Baca juga: Tulisan Arab Barakallahu Laka Wa Baarakaa Wa Jamaa Bainakuma Fii Khoir

Sekian ulasan tentang arti dan tulisan Arab hasbiyallahu la ilaha illa huwa 'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul arsyil adzim sebagai bacaan zikir yang dapat diamalkan umat muslim. (DAP)

Media files:
01ja7s6cdz79gehe5azex4em0d.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar