Search This Blog

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru
Oct 15th 2024, 18:52, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi  Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru, sumber gambar: unsplash/Syahrul Alamsyah
Ilustrasi Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru, sumber gambar: unsplash/Syahrul Alamsyah

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru! Tidak dimungkiri, guru adalah sosok yang berjasa dalam menyalurkan ilmu pengetahuan.

Layaknya peran orang tua, guru tidak hanya sekadar mengajar, tetapi juga mendidik para muridnya. Oleh karena itu, setiap murid harus bersikap santun kepada guru, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Jelaskan Mengapa Kita Harus Menghormati dan Menaati Guru

Ilustrasi  Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru, sumber gambar: unsplash/Husniati Salma
Ilustrasi Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru, sumber gambar: unsplash/Husniati Salma

Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru! Mengutip buku Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa, Nella Agustin, dkk (2021), guru mempunyai peran penting dalam pendidikan dan pembentukan moral seseorang. Adapun beberapa alasan pentingnya menghormati dan menaati guru yakni sebagai berikut:

1. Guru adalah Penebar Ilmu Pengetahuan

Guru adalah orang yang berjuang dalam menyampaikan wawasan, keterampilan, dan nilai moral kepada muridnya. Islam mengajarkan bahwa mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Hal ini sesuai dengan hadits berikut:

"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim" (HR. Ibnu Majah).

Dikarenakan guru berperan sebagai perantara menyebarkan ilmu, maka menghormati mereka adalah bentuk penghargaan terhadap ilmu yang disampaikannya.

2. Guru Berperan Penting dalam Membentuk Karakter Siswa

Guru berperan dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Mereka tidak hanya mengajarkan wawasan akademis, tetapi juga nilai moral dan etika untuk bekal kehidupan sehari-hari.

Dalam proses mengajar, guru sering kali menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab, sehingga dapat menjadi contoh inspirasi bagi para murid.

3. Mempraktikkan Akhlak yang Baik

Menghormati dan menaati guru adalah bagian dari akhlak yang baik. Adab menempati posisi yang sangat penting dalam Islam. Bahkan, dalam berbagai hadits disebutkan bahwa adab lebih utama dari ilmu.

Salah satu contoh sikap menghormati guru yakni dengan memperhatikan guru ketika mereka mengajar. Hal ini didukung dengan hadits berikut:

"Bukan dari golongan kami, orang yang tidak menghormati orang tua, tidak menyayangi yang muda, dan tidak mengetahui hak orang berilmu" (HR. Ahmad).

Baca juga: Contoh Puisi Pendidikan bertema Guru sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Itulah jawaban mengenai, jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru. Secara umum, menghormati dan menaati guru bukan sekadar kewajiban moral, tetapi juga upaya meraih keberhasilan dalam pendidikan maupun kehidupan.(DLA)

Media files:
01ja7mrvkgyhyneqpwgwazxfd1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar