Search This Blog

Apakah Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong Buruk Bagi Kesehatan?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong Buruk Bagi Kesehatan?
May 2nd 2023, 10:08, by Azalia Amadea, kumparanFOOD

com-Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock
com-Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock

Baru-baru ini aktris India, Neha Sharma mengungkapkan kebiasaan minum kopi di pagi hari. Menurutnya kebiasaan minum kopi saat perutnya masih kosong tersebut adalah kebiasaan buruk yang perlu dia hentikan.

"Dulu saya memiliki kebiasaan sangat buruk memulai hari dengan kopi. Namun sekarang saya memulai hari dengan minum air hangat dan lemon yang menurut saya bagus untuk detoksifikasi," ujar Neha kepada Etimes.

Lantas, apakah benar minum kopi di pagi hari sangat buruk bagi kesehatan terutama perut?

Ilustrasi perempuan minum kopi di pagi hari. Foto: Shutterstock
Ilustrasi perempuan minum kopi di pagi hari. Foto: Shutterstock

Mengutip New York Times, para peneliti telah menyelidiki manfaat dan bahaya minum kopi, terutama yang berkaitan dengan usus sejak 1970-an, menurut Dr. Kim Barrett, profesor fisiologis dan biologi di Universitas California.

Menurutnya, perut memiliki daya tahan terhadap iritasi yang begitu kuat, termasuk akibat minum kopi. "Perut memiliki banyak cara untuk melindungi 'dirinya sendiri'," kata Dr. Barrett.

Bak memiliki perisai, perut akan melindungi lingkungan sekitarnya dengan berbagai cara. Dr. Byron Cryer, kepala bagian penyakit dalam di Baylor University Medical Center, Dallas menjelaskan bahwa ada sebuah studi tahun 2013 yang melibatkan lebih dari 8.000 orang di Jepang.

Menariknya, penelitian ini tidak menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi kopi dan risiko sakit maag di perut atau usus —bahkan termasuk mereka yang minum tiga cangkir atau lebih per hari.

Dr. Barrett menambahkan pula bahwa minum kopi saat perut kosong memang tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan perut. Hanya saja, menurutnya minum kopi saat perut kosong secara teori, jelas akan membuat mulas.

Ilustrasi sakit perut usai minum kopi. Foto: Vadym Pastukh/Shutterstock
Ilustrasi sakit perut usai minum kopi. Foto: Vadym Pastukh/Shutterstock

Selain itu, kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan detak jantung dan tekanan darah lebih cepat. Sehingga, kamu disarankan untuk tidak minum kopi dekat dengan waktu tidur.

Namun sayangnya, kebiasaan minum kopi saat perut kosong yang terlalu sering juga bisa membuat pertahanan perut sebagaian orang perlahan menurun. Efek iritasi yang diakibatkan oleh konsumsi kopi, dapat membuat perut rentan terhadap pembentukan asam dan tukak lambung.

Maka itu, Dr. Barrett menyarankan untuk mengonsumsi kopi dengan tambahan susu atau krimer guna mengurangi efek asam minuman hitam tersebut.

Dr. Cryer turut memberikan saran, untuk cobalah menikmati latte atau cappuccino. Dan, dia juga mengingatkan untuk selalu kenali gejala yang ditimbulkan usai mengonsumsi kopi saat perut kosong. Apabila gejalanya sudah tidak bisa kamu toleransi ada baiknya periksakan diri ke dokter.

Media files:
ivsyh2q9qwynbezjky22.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar