Search This Blog

Cara Mencari Daftar Pustaka di Google untuk Kebutuhan Penelitian

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Mencari Daftar Pustaka di Google untuk Kebutuhan Penelitian
Dec 29th 2023, 18:11, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Mencari Daftar Pustaka di Google. Sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt
Ilustrasi Cara Mencari Daftar Pustaka di Google. Sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt

Dalam penelitian, daftar pustaka merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sebab, bagian ini menunjukkan buku atau jurnal mana yang digunakan sebagai referensi. Tentunya ada beberapa cara mencari daftar pustaka di Google untuk kebutuhan penelitian.

Cara ini bisa dijadikan pedoman dan juga bantuan saat sedang mengerjakan penelitian seperti skripsi atau membuat jurnal.

Cara Mencari Daftar Pustaka di Google

Ilustrasi Cara Mencari Daftar Pustaka di Google. Sumber foto: unsplash.com/Beatriz Pérez Moya
Ilustrasi Cara Mencari Daftar Pustaka di Google. Sumber foto: unsplash.com/Beatriz Pérez Moya

Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para peneliti adalah mencari daftar pustaka yang relevan dan berkualitas untuk mendukung penelitian.

Dikutip dari buku Penulisan Karya Ilmiah, Zulmiyetri dkk., (2020), daftar pustaka adalah kumpulan sumber informasi yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan karya ilmiah, seperti jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain.

Daftar pustaka penting untuk menunjukkan bahwa penelitian didasarkan pada literatur yang ada, serta untuk menghargai karya orang lain yang telah berkontribusi dalam bidang ilmu yang kita teliti.

Berikut adalah beberapa cara mencari daftar pustaka di Google untuk kebutuhan penelitian.

1. Gunakan Google Scholar

Google Scholar adalah layanan Google yang khusus menyediakan hasil pencarian dari sumber-sumber akademik, seperti jurnal, buku, tesis, disertasi, konferensi, dan lain-lain.

Google Scholar juga menampilkan informasi tentang jumlah kutipan, indeks hirarki, dan faktor dampak dari setiap sumber yang ditampilkan. Selain itu, Google Scholar juga menyediakan fitur untuk mengunduh daftar pustaka.

2. Gunakan Google Books

Google Books adalah layanan Google yang menyediakan akses ke jutaan buku dalam bentuk digital. Penelitian bisa mencari buku yang relevan dengan topik penelitian dengan menggunakan kata kunci atau filter tertentu.

Peneliti juga bisa membaca sebagian atau seluruh isi buku secara online, atau mengunduhnya jika tersedia dalam format PDF atau EPUB.

3. Gunakan Google Advanced Search

Google Advanced Search adalah fitur Google yang memungkinkan kita untuk melakukan pencarian lebih spesifik dengan menggunakan berbagai kriteria, seperti bahasa, wilayah, domain, format file, tanggal terbitan, hak cipta, dan lain-lain.

Peneliti bisa menggunakan Google Advanced Search untuk mencari sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian kita dengan lebih akurat dan efisien.

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan Karya Ilmiah Skripsi dengan Makalah

Ada beberapa cara mencari daftar pustaka di Google untuk kebutuhan penelitian. Dengan menggunakan cara-cara tersebut, bisa mendapatkan daftar pustaka yang relevan dan berkualitas dengan lebih mudah dan cepat. (WWN)

Media files:
01hjrj126r55njywe1hebgkhnv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar