Search This Blog

ORI DIY Terima 10 Lebih Aduan soal PPDB, Ada yang Ngaku Miskin Tapi Tak Miskin

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
ORI DIY Terima 10 Lebih Aduan soal PPDB, Ada yang Ngaku Miskin Tapi Tak Miskin
Jul 2nd 2024, 18:09, by Resti Damayanti, Pandangan Jogja

Kantor ORI Perwakilan DIY. Foto: Resti Damayanti/Pandangan Jogja
Kantor ORI Perwakilan DIY. Foto: Resti Damayanti/Pandangan Jogja

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY menerima 10 lebih laporan terkait dugaan kecurangan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di DIY.

Anggota tim pemantau PPDB ORI DIY, Muhammad Rifki, mengatakan bahwa 10 lebih laporan yang diterima ORI DIY beragam. Misalnya dugaan penahanan ijazah, bukti prestasi yang tidak valid, hingga calon siswa jalur afirmasi namun diduga tidak miskin.

"Ada puluhan, lebih dari 10 laporan yang masuk dengan berbagai jenis masalah," kata Rifki kepada Pandangan Jogja, Selasa (2/7).

"Sebagian ada yang penahanan ijazah, ada yang soal pendaftaran jalur afirmasi tapi diduga tidak miskin, soal bukti prestasi pada jalur prestasi yang diduga tidak valid, dan lain-lain," paparnya.

ORI juga menerima laporan masyarakat mengenai beberapa calon siswa di salah satu SMA Negeri di Yogyakarta yang menggunakan data yang diduga palsu pada pendaftaran PPDB jalur radius.

Namun berbeda dari tahun sebelumnya yang banyak sekali aduan tentang praktik numpang KK melalui status famili lain pada kartu keluarga. Tahun ini, ORI belum menerima aduan terkait praktik numpang KK.

Tahun ini, bahkan mungkin tidak ada laporan mengenai titip KK. Sepertinya sudah tidak terjadi, atau masyarakat yang tidak melaporkan lagi," kata Rifki.

Media files:
01j1sj3hyrtks79jpv0w29xrda.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar