Search This Blog

8 Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Kinerja Guru

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
8 Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Kinerja Guru
Jun 26th 2024, 19:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, sumber: unsplash/TaylorFlowe
Ilustrasi Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, sumber: unsplash/TaylorFlowe

Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru? Tidak dipungkiri, guru adalah salah satu profesi penting di Indonesia yang berperan dalam mencetak generasi berkualitas.

Jika guru tidak kompeten, maka hal tersebut akan berdampak pada caranya mengajar siswa. Alhasil, proses belajar mengajar menjadi kurang efisien dan tidak berdampak signifikan pada perkembangan kompetensi siswa.

Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Ilustrasi Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, sumber: unsplash/HusniatiSalma
Ilustrasi Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, sumber: unsplash/HusniatiSalma

Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru dalam dunia pendidikan? Beberapa contoh upaya yang bisa dilakukan yaitu:

1. Pelatihan dan Pengembangan Profesional

Mengutip buku Implementasi kebijakan Publik oleh Indra Kertati, dkk (2023), salah satu upaya yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru adalah dengan menggelar pelatihan secara berkala. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan guru terkait metode mengajar, teknologi pendidikan, dan lain-lain.

2. Fasilitas yang Memadai

Guru juga perlu memperoleh akses ke fasilitas yang memadai untuk mendukung perkembangan kariernya. Misalnya, seperti laboratorium, perpustakaan, dan lainnya untuk mendukung proses belajar mengajar.

3. Kenaikan Pangkat dan Insentif

Memberikan kesempatan untuk naik pangkat dan memperoleh insentif adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan kinerja guru dalam dunia pendidikan. Hal ini sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya dalam mengajar.

4. Inovasi dan Teknologi Pendidikan

Agar proses pendidikan semakin efektif dan efisien, maka guru juga perlu beradaptasi dnegan perkembangan teknologi. Hal ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran e-learning, perpustakaan digital, dan lain sebagainya.

5. Pengembangan Kurikulum

Tidak ada salahnya melibatkan guru dalam proses pengembangan kurikulum. Dengan begitu, mereka dapat lebih memahami konsep mengajar dan materi yang diajarkan di sekolah.

6. Konferensi dan Seminar

Guru perlu didorong untuk berpartisipasi dalam konferensi dan seminar pendidikan. Upaya ini bermanfaat untuk memperluas wawasan dan jaringan profesionalitas mereka.

7. Penelitian dan Publikasi

Selain mengikuti seminar, guru juga perlu melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Hal ini dapat melatih budaya literasi sekaligus meningkatkan kredibilitas mereka di bidang pendidikan.

8. Menempuh Pendidikan yang Lebih Tinggi

Guru juga perlu menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Tujuannya agar kapabilitasnya dalam mengajar semakin meningkat dan mampu mengikuti tantangan atau perkembangan zaman.

Baca juga: Cara Mengembangkan Kompetensi pada Guru beserta Tantangannya

Itulah jawaban dari pertanyaan, upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru. Dengan menerapkan berbagai upaya tersebut, diharapkan SDM guru lebih profesional dan berkualitas. (DLA)

Media files:
01j19vpnhf5sty8wwgwsd32t0a.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar