Search This Blog

Pesan Pokok Surat Al Falaq yang Bisa Dihayati Umat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pesan Pokok Surat Al Falaq yang Bisa Dihayati Umat Islam
Sep 29th 2023, 20:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq  Sumber Unsplash/Rachid Oucharia
Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq Sumber Unsplash/Rachid Oucharia

Surat Al Falaq adalah surat ke 113 dalam Al-Quran yang terdiri atas lima ayat. Pesan pokok surat Al Falaq wajib diketahui oleh umat Islam

Surat Al Falaq diturunkan setelah surat Al Fil. Karena diturunkan di kota Makkah, maka surat Al Falaq tergolong dalam surat Makkiyah.

Pesan Pokok Surat Al Falaq bagi Umat Islam

Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq  Sumber Unsplash/Ahmed
Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq Sumber Unsplash/Ahmed

Al-Falaq artinya waktu subuh. Diambil dari buku Tafsir Al-Lubab Jilid 4, M. Quraish Shihab (2020:796), berikut ini adalah pesan pokok surat Al Falaq yang bisa dihayati oleh umat Islam.

Surat Al Falaq bersama dengan surat an-Nas dinamai juga Surat al-Mu'awwidzatain. Nama ini diambil dari awal kedua surat tersebut.

Surat Al Falaq dan an-Nas diawali dengan kata A'udzu yang berarti "Aku berlindung", sehingga al-Mu'awwidzatain berarti dua surat yang menuntun pembacanya ke tempat perlindungan

Pesan pokok surat Al Falaq adalah pengajaran untuk menyandarkan diri dan memohon perlindungan hanya kepada Allah Swt. dalam menghadapi kejahatan apa pun.

Tujuannya adalah menanamkan keyakinan dalam benak setiap muslim, bahwa tidak ada yang dapat mengakibatkan mudharat tanpa izin Allah Swt. dan tidak ada juga yang dapat melindungi kecuali Yang Mahakuasa.

Surat Al Falaq mengajarkan untuk memohon perlindungan dari Allah Swt. dari segala macam kejahatan khusus, antara lain sebagai berikut.

  1. Kejahatan dan keburukan yang biasanya terjadi pada kegelapan malam. Contohnya adalah hewan yang sering berkeliaran di malam hari, maupun makar yang dirancang dalam kegelapan.

  2. Keburukan peniup-peniup pada buhul-buhul, yakni dari ulah siapa pun untuk mengobarkan api permusuhan dan perpecahan, baik dengan sihir maupun isu negatif.

  3. Kejahatan pengiri dan pendengki jika dia iri (hasad), yakni yang mengharapkan hilangnya anugerah yang dinikmati pihak lain, dan mencetuskan isi hatinya yang buruk itu dalam bentuk ucapan atau perbuatan.

Pelajaran Penting dari Surat Al Falaq

Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq  Sumber Unsplash/Jeremy Yap
Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al Falaq Sumber Unsplash/Jeremy Yap

Terdapat beberapa pelajaran yang bisa diambil dari surat Al Falaq, yaitu.

  1. Yakinlah bahwa kegelapan apa pun yang dialami akan dapat teratasi dengan bantuan Allah Swt. sebagaimana Dia membelah kegelapan malam dengan menerbitkan fajar.

  2. Memohonlah hanya kepada Allah Swt.

  3. Jangan menyandangkan keburukan atau kejahatan kepada Allah Swt. sebab selalu ada hikmah dan kebaikan di baliknya.

  4. Melakukan sihir, menyebarkan isu negatif dan berita bohong, lebih-lebih untuk memecah belah adalah satu kejahatan yang harus dihindari.

  5. Hasad, yakni iri hati adalah sifat buruk, karena menjadi bentuk protes atas kebijakan Allah Swt. untuk memberi siapa yang dikehendaki-Nya.

Baca juga: Memahami Isi Pesan Surat Al Baqarah Ayat 11

Pesan pokok surat Al Falaq berisi perintah agar manusia memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan. Surat ini dianjurkan dibaca sebelum tidur, supaya terhindar dari kejahatan pada malam hari.(DK)

Media files:
01hbe9ejya6zv1ja3keqcn60yb.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar