Search This Blog

Pengertian Teks dan Jenis-jenisnya dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Teks dan Jenis-jenisnya dalam Bahasa Indonesia
Sep 17th 2023, 17:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/SusanQYin
Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/SusanQYin

Pengertian teks adalah rangkaian kata atau kalimat yang mempunyai tata bahasa dan struktur tertentu. Tujuan penulisan teks untuk menyampaikan informasi, memaparkan sesuatu, ataupun mengungkapkan makna.

Teks sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang dapat memudahkan setiap orang dalam mengakses informasi. Adapun pengertian dan jenis-jenis teks perlu dipahami untuk memudahkan dalam belajar bahasa Indonesia.

Pengertian Teks dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/DariaNepriakhina
Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/DariaNepriakhina

Mengutip buku Metodologi Kajian Tradisi Lisan (Edisi Revisi), Pedentia MPSS (2015: 140), teks adalah wacana lisan yang difiksasikan dalam bentuk tulisan. Teks juga diartikan sebagai tuturan monolog noninteraktif yang berperan sebagai satuan lingual yang dimediakan dalam bentuk tulisan.

Teks disertai dengan dengan tata organisasi tertentu yang dapat mengungkapkan makna secara kontekstual. Istilah ini merupakan ekspresi yang disertai sintaksis pragmatis berbasis konten dan berisi penjelasan untuk suatu hal.

Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/TaisiiaShestopal
Ilustrasi Teks adalah, sumber: unsplash/TaisiiaShestopal

Berikut adalah jenis-jenis teks dalam bahasa Indonesia yang perlu dipahami.

1. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi panduan, langkah-langkah, atau tutorial untuk melakukan, mengerjakan, atau membuat sesuatu dengan tepat.

2. Teks Argumentasi

Teks argumentasi merupakan teks yang memuat penjelasan tentang pendapat atau fakta berdasarkan sudut pandang penulis yang bertujuan untuk memengaruhi dan memyakinkan pembaca.

3. Teks Deskripsi

Teks Deskripsi merupakan jenis teks yang memaparkan atau menggambarkan sesuatu menggunakan kata-kata dengan jelas dan terperinci. Teks ini dapat menggambarkan tentang objek, tempat, atau peristiwa agar mampu dilihat, dirasakan, dicium, atau didengar meskipun tidak langsung.

Teks ini mendeskripsikan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Alhasil, penulis harus dapat memaparkan fakta secara jelas dan konkret.

4. Teks Eksposisi

Teks Eksposisi merupakan jenis teks yang mengandung serangkaian informasi dan wawasan yang disampaikan secara singkat, padat, dan jelas untuk menambah pengetahuan pembaca.

Teks eksposisi dibentuk berdasarkan dua unsur utama, yakni fakta (peristiwa yang terjadi sebenarnya) dan gagasan (pendapat penulis dalam menanggapi fakta yang ada).

Baca juga: 5 Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Cara Membuatnya

Secara umum, teks adalah rangkaian kalimat bahasa Indonesia yang memiliki struktur tertentu. Adapun jenis-jenis teks yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah teks argumentasi, eksposisi, deskripsi, dan prosedur. (DLA)

Media files:
01hah31eff96fatnry3nkezaxg.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar