Search This Blog

Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Ini Jawaban yang Harus Dipahami Mahasiswa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Ini Jawaban yang Harus Dipahami Mahasiswa
Aug 16th 2024, 18:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sumber: Unsplash/Vasily Koloda
Ilustrasi untuk Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sumber: Unsplash/Vasily Koloda

Perguruan tinggi merupakan tempat untuk mengembangkan strategi pendidikan sehingga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Hal tersebut berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi?

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban dalam perguruan tinggi. Seluruh civitas academica bertanggung jawab terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Ini Penjelasannya

Ilustrasi untuk Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sumber: Unsplash/Dom Fou
Ilustrasi untuk Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sumber: Unsplash/Dom Fou

Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Dikutip dari Model Perlindungan Anak dan Keluarga Berbasis Teknologi Informasi, Zein (2017:198), Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu tujuan yang harus dicapai oleh perguruan tinggi.

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga poin, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Berikut penjelasannya.

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan dan pengajaran adalah poin utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Baik pendidikan maupun pengajaran sama-sama berperan penting dalam proses pembelajaran. Yang dimaksud dengan pendidikan dan pengajaran ini adalah meneruskan pengetahuan dalam sistem pendidikan berkelanjutan.

Mahasiswa akan menjalani pendidikan, kemudian pengetahuan tersebut dikembangkan dengan penelitian di perguruan tinggi. Perguruan tinggi sangat berperan untuk menciptakan bibit unggul melalui pendidikan dan pengajaran berkualitas.

2. Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan memiliki peran penting dalam mendukung kemajuan IPTEK di Indonesia. Tanpa adanya penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi sulit untuk berkembang.

Penelitian dan pengembangan juga bisa digunakan untuk menjawab masalah-masalah yang ada di masyarakat. Alasannya adalah karena penelitian selalu dipengaruhi oleh kebutuhan dalam proses pembangunan.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

Poin berikutnya adalah pengabdian kepada masyarakat yang bersifat konkret. Masyarakat Indonesia harus bisa merasakan manfaat ilmu pengetahuan dengan adanya perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan tanpa mencari keuntungan.

Masyarakat diharapkan bisa memberikan umpan balik ke perguruan tinggi mengenai manfaat dan pengembangan ilmu pengetahuan selanjutnya.

Tri Dharma Perguruan Tinggi wajib dilaksanakan dan diwujudkan oleh perguruan tinggi. Hal ini tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi, "Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat."

Baca juga: Jenis-Jenis dan Contoh Outline Skripsi

Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi yang terdiri atas tiga poin, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. (KRIS)

Media files:
01j5d9te20vw0dkxv1wv43ddt3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar