Search This Blog

Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan yang Terkandung dalam Surat Al Kahfi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan yang Terkandung dalam Surat Al Kahfi
Jul 1st 2024, 21:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa
Ilustrasi Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan. Foto: dok. Unsplash/Sohaib Al Kharsa

Arti robbana atina milladunka rohmatan adalah salah satu kandungan yang dapat ditemukan dalam Al-Quran surat Al Kahfi. Surat ini dikenal mengandung keutamaan yang bermanfaat bagi umat muslim yang membacanya.

Hal tersebut membuat surat Al Kahfi banyak dibaca dan diamalkan umat muslim. Selain memiliki keutamaan, surat ini memiliki kandungan makna yang penting untuk dipahami umat muslim secara umum.

Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan dan Ayat Lengkapnya

Ilustrasi Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan. Foto: dok. Unsplash/Abdullah Faraz
Ilustrasi Arti Robbana Atina Milladunka Rohmatan. Foto: dok. Unsplash/Abdullah Faraz

Mengutip dari dalam buku berjudul Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an, Amirulloh Syarbini, ‎Sumantri Jamhari, ‎Randi Renggana (2012: 100), surat Al Kahfi merupakan surat urutan ke delapan belas dalam susunan mushaf Al-Quran.

Dinamakan surat Al Kahfi karena surat ini mengisahkan tentang beberapa orang pemuda dan anjingnya yang bersembunyi di gua karena lari dari kekejaman penguasa. Surat al Kahfi ini memiliki keutamaan bagi umat muslim yang membacanya.

Salah satu keutamaannya adalah memancarkan cahaya bagi orang-orang yang membacanya dan mengamalkannya di hari kiamat nanti. Tak hanya itu, surat Al Kahfi juga mengandung keutamaan lainnya yaitu berupa pengampunan dari Allah bagi umat muslim yang membacanya di hari Jumat.

Allah juga akan membentangkan dan memancarkan cahaya baginya dari telapak kaki sampai langit pada hari kiamat nanti. Keutamaan lain bagi umat muslim yang membaca surat Al Kahfi khususnya di hari Jumat adalah akan disinari cahaya antara dua Jumat. Hal ini selaras dengan yang disebutkan dalam sebuah hadis berikut:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi)

Dalam surat Al Kahfi terdapat sebuah potongan ayat robbana atina milladunka rohmatan. Arti dari robbana atina milladunka rohmatan adalah wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu. Berikut Ini adalah ayat lengkap dari potongan ayat robbana atina milladunka rohmatan yang terkandung dalam surat Al Kahfi ayat 10:

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا
idz awal-fityatu ilal-kahfi fa qolû robbana atina milladunka rohmatan wa hayyi' lanâ min amrinâ rosyadâ
Artinya: (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

Baca juga: Arti Ashabul Kahfi yang Diceritakan dalam Surat Al-Kahfi

Itu dia arti robbana atina milladunka rohmatan beserta ayat lengkapnya. Semoga bermanfaat khususnya bagi umat muslim. (DAP)

Media files:
01j1prnssmv62c0m6ffr964s7q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar