Search This Blog

3 Doa agar Proses Melahirkan Lancar dan Anak Tumbuh Baik

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Doa agar Proses Melahirkan Lancar dan Anak Tumbuh Baik
Jul 1st 2024, 19:00, by Adelia Sufri, kumparanMOM

Ilustrasi proses melahirkan. Foto: christinarosepix/Shutterstock
Ilustrasi proses melahirkan. Foto: christinarosepix/Shutterstock

Melahirkan adalah momen yang berkesan, tapi juga sekaligus menegangkan, sebab saat itu seorang ibu juga ikut mempertaruhkan nyawanya. Oleh karena itu, baik ibu maupun keluarganya disarankan untuk memanjatkan doa agar proses melahirkan lancar dan ibu serta bayi lahir dalam keadaan sehat.

Bagi seorang Muslim, doa merupakan salah satu senjata yang bisa digunakan dalam menghadapi setiap kesulitan. Tidak akan ada doa yang diabaikan oleh Allah SWT. Hal ini disampaikan langsung Rasulullah SAW dalam sabdanya:

"Tidaklah seorang berdoa, kecuali Allah akan memberikan apa-apa yang dimintanya atau mencukupkan darinya kejelekan seumpamanya. Selama ia tidak mendoakan dosa ataupun memutuskan silaturahmi." (HR. At-Tirmidzi)

Kumpulan Doa agar Proses Melahirkan Lancar

Ilustrasi suami dampingi istri melahirkan. Foto: aslysun/Shuttterstock
Ilustrasi suami dampingi istri melahirkan. Foto: aslysun/Shuttterstock

Seorang Muslim sebaiknya senantiasa melibatkan Allah SWT dalam setiap urusannya, terutama untuk momen penting seperti melahirkan. Muslim yang enggan berdoa termasuk golongan orang yang sombong.

Allah SWT sangat membenci perilaku sombong. Hal ini disampaikan dalam firman-Nya, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Ghafir: 60)

Oleh karena itu, ketika ibu akan bersalin, dianjurkan untuk membaca doa-doa yang dikutip dari buku Doa Dzikir Muslimah susunan Abu Ayyub El-Faruqi berikut.

1. Doa Pertama

Rabbi innī wahanal-'aẓmu minnī wasyta'alar-ra`su syaibaw wa lam akum bidu'ā`ika rabbi syaqiyyā wa innī khiftul-mawāliya miw warā`ī wa kānatimra`atī 'āqiran fa hab lī mil ladungka waliyyā yariṡunī wa yariṡu min āli ya'qụba waj'al-hu rabbi raḍiyyā yā zakariyyā innā nubasysyiruka bigulāminismuhụ yaḥyā lam naj'al lahụ ming qablu samiyyā

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap keluargaku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya'qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai." (QS. Maryam: 4-6)

2. Doa Kedua

Hasbunallaah wa ni'mal wakil, ni'mal maulaa wa ni'man nashiir.

Artinya: "Cukuplah Allah bagi kami, dan Dia-lah sebaik-baik Pelindung."

3. Doa Ketiga

A'uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan yang telah Dia ciptakan."

Doa untuk Anak yang Baru Lahir

Ilustrasi bayi baru lahir. Foto: Pexels
Ilustrasi bayi baru lahir. Foto: Pexels

Setelah anak lahir ke dunia, sebaiknya doakan mereka dengan doa-doa yang dikutip dari buku Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya karya Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf berikut:

1. Doa agar Anak Terlindung dari Gangguan Jin

Allaahumma inni u'iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy-syaithaanir rajiim.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan keturunannya dari syaitan yang terlaknat." (H.R Ibnu Hibban)

2. Doa agar Anak Memiliki Kemurnian Iman

Allahumma inni as-aluka shihhatam fii iimaaniw wa imaana. Fii husni khuluq, wa najaahay yatba'uh. Falaahuw wa rahmatum mingka wa 'aafiyataw wa maghfiratam minka wa ridhwaana.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemurnian iman dan akhlak yang terpuji serta kesuksesan yang disertai dengan keberuntungan, dan aku memohon rahmat, kesehatan, pengampunan, dan keridhaan dari-Mu."

3. Doa agar Anak Tidak Durhaka

Rabbanaashrif 'annaa 'adzaaba jahannam. Inna 'adzaabahaa kaana dharama.

Artinya: "Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahannam dari kami. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah kebinasaan yang kekal."

Baca juga: Doa Islami Agar Bayi Tidak Rewel dan Tidur Nyenyak

Media files:
01hk4v9t8bdrchg11hr3vb19y4.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar