Search This Blog

Telkom: BTS Tetap Dibutuhkan untuk Internet karena Lebih Fleksibel

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Telkom: BTS Tetap Dibutuhkan untuk Internet karena Lebih Fleksibel
Jun 10th 2024, 18:03, by Muhammad Fikrie, kumparanTECH

Teknisi Telkomsel di menara BTS. Foto: Dok. Telkomsel
Teknisi Telkomsel di menara BTS. Foto: Dok. Telkomsel

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan Base Transceiver Station (BTS) tetap dibutuhkan dalam menggelar internet di Indonesia.

BTS menjadi salah satu opsi terbaik dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di Indonesia, karena ia lebih fleksibel dibandingkan satelit.

"Secara kapasitas, network seluler yang di terestial yang kita ketahui itu jauh lebih besar," kata Ririek dalam jumpa pers Telkom Digiland Run 2024 di Jakarta, Senin (10/6). "Kalau di seluler, kalau kita butuh kapasitas bisa dengan mudah tambah BTS."

"Nah, satelit bisa tambah kapasitas tapi tidak sefleksibel itu, akan ada kendala juga."

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah. Foto: Dok. Telkom Indonesia
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah. Foto: Dok. Telkom Indonesia

Sedangkan satelit, kapasitas jaringannya hanya bisa ditambah melalui peluncuran satelit baru.

Namun, proses tersebut memakan waktu cukup lama, belum lagi kemungkinan risiko penumpukan terlalu banyak satelit di Low Earth Orbit (LEO), Medium Earth Orbit (MEO), hingga Geostasioner Earth Orbit (GEO).

Jadi BTS dengan FO (fiber optik/serat optik) itu akan jauh lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan satelit, meski satelit jumlahnya bisa ditambah, tapi (satelit) tidak sefleksibel BTS.- Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom -

Ririek menambah, satelit sebaiknya menjadi pelengkap dalam menggelar jaringan internet di Indonesia, terutama di wilayah rural atau daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Pembangunan BTS maupun menggelar kabel serat optik di area tersebut tidak mudah dikarenakan tantangan kondisi geografis alam hingga memakan dana yang cukup mahal.

Media files:
01h4fktnf1q7en32k5j4bffxbw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar