Search This Blog

Penjabat Bupati Imbau Warga Waspada Ancaman Lahar Dingin Gunung Karangetang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjabat Bupati Imbau Warga Waspada Ancaman Lahar Dingin Gunung Karangetang
Jun 25th 2024, 21:54, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Kondisi jalan di Kelurahan Bebali, Kabupaten Sitaro, yang tertutup lahar dingin dari Gunung Karangetang.
Kondisi jalan di Kelurahan Bebali, Kabupaten Sitaro, yang tertutup lahar dingin dari Gunung Karangetang.

SITARO - Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, mengimbau kepada masyarakat yang ada atau melintas di Kali Batu Awang Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur, untuk tetap waspada terkait dengan lahar dingin Gunung Karangetang.

Menurutnya, wilayah tersebut memang menjadi langganan terpapar luncuran lahan dingin dari Gunung Karangetang, yang dikenal aktif dan memiliki potensi bahaya tinggi.

Penyebabnya, Kali Batu Awang yang mengalir di wilayah ini berhubungan langsung dengan kawah gunung, sehingga wilayah tersebut rentan terdampak lahar hujan, terutama saat musim hujan tiba.

"Dengan intensitas curah hujan saat ini yang termasuk tinggi, maka terus diingatkan agar warga harus hati-hati saat melewati wilayah tersebut," ujar Joi.

Ia juga menekankan pentingnya mengikuti arahan dan imbauan dari pihak yang berkompeten lainnya. Karena dengan cara itu masyarakat dapat membangun kesiapsiagaan dan bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Menurut Joi Pemerintah Kabupaten Sitaro terus memantau wilayah tersebut, sekaligus saat ini terus berupaya untuk membersihkan jalan di wilayah tersebut agar segera bisa digunakan secara normal.

"Untuk itu diminta agar terus membangun kewaspadaan. Selain tidak hanya di wilayah Batu Awan, di beberapa wilayah lainnya juga harus terus menjadi perhatian. Kan, Kabupaten Sitaro, daerah yang sangat rawan dengan kejadian bencana alam," katanya kembali.

franky salindeho

Media files:
01j17y814vnrqhj072mzy5r46q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar