Search This Blog

Pemkab Sitaro Terus Berupaya Buka Akses Jalan yang Tertutup Lahar Dingin

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pemkab Sitaro Terus Berupaya Buka Akses Jalan yang Tertutup Lahar Dingin
Jun 25th 2024, 19:15, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Kondisi jalan di Kelurahan Bebali, Kabupaten Sitaro, yang tertutup lahar dingin dari Gunung Karangetang.
Kondisi jalan di Kelurahan Bebali, Kabupaten Sitaro, yang tertutup lahar dingin dari Gunung Karangetang.

SITARO - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Sitaro, terus berupaya untuk membersihkan timbunan material lahar dingin dari Gunung Karangetang, yang menutupi badan jalan Batu Awang, di Kelurahan Bebali, yang sempat terputus.

Kepala Dinas PUPRPKP, Bob Ch Wuaten, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Audy F J Sembel, menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengerahkan alat berat termasuk ekskavator, untuk membersihkan timbunan material tersebut.

"Sejauh ini sudah bisa dilewati melalui jalan alternatif yang dibuka. Tapi, belum bisa trase jalannya sebenarnya, karena masih tertutup material pasir dan bebatuan dengan ukuran besar," ujar Audy.

Tidak hanya mengandalkan peralatan yang dimiliki, Pemerintah Daerah Sitaro juga telah mengambil langkah-langkah lain guna mengatasi masalah ini. Pihak Balai Sungai juga telah turun langsung ke lokasi untuk memantau kondisi jalan yang tertutup lahar dingin.

"Mereka juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menambah armada alat berat demi mempercepat proses pembersihan material yang menghambat jalan," kata Audy.

Selain itu, Audy menuturkan, pihaknya juga tengah menunggu satu alat loader dari Pulau Biaro. Audy mengatakan, dengan ketambahan satu alat tersebut, maka perkiraan pekerjaan pembersihan itu mungkin perlu waktu seminggu.

Tapi juga harus dilihat kondisi cuaca, jika tidak hujan saat proses pembersihan tersebut maka pekerjaan akan sesuai jadwal. Tapi jika hujan, Audy mengaku pekerjaan pembersihan tidak bisa dilakukan karena ada faktor keselamatan yang diutamakan.

Selain itu, dirinya mengaku jika pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengatasi segala kemungkinan yang bisa terjadi akibat timbunan lahar dingin itu.

"Kami berusaha semaksimal mungkin agar akses jalan ini segera dapat digunakan kembali oleh masyarakat," ujarnya kembali.

franky salindeho

Media files:
01j17n3t0efja1v18d326phmgz.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar