Search This Blog

Mulai Buka Seleksi Mandiri, Unnes Tegaskan Biaya UKT dan IPI Tak Naik

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mulai Buka Seleksi Mandiri, Unnes Tegaskan Biaya UKT dan IPI Tak Naik
Jun 25th 2024, 09:44, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES, Prof Zaenuri .  Foto: Dok. Istimewa
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES, Prof Zaenuri . Foto: Dok. Istimewa

Universitas Negeri Semarang (UNNES) masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri. Unnes juga memastikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan luran Pengembangan Institusi (IPI) tahun 2024 untuk mahasiwa baru tidak naik.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES, Prof Zaenuri mengatakan, pembatalan kenaikan biaya UKT dan IPI itu telah sesuai dengan arahan dari Dirjen Dikti. Sehingga biayanya sama dengan tahun sebelumnya.

"Terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) sesuai dengan arahan Dirjen Dikti maka dikembalikan sebelum ada peningkatan. Jadi UKT antara 1-7 seusai prodi masing-masing," ujar Zaenuri, Selasa (25/6).

Ia menjelaskan, untuk UKT program studi kelompok 1 adalah Rp 500 ribu; kelompok 2 yakni Rp 1 juta; dan kelompok 3 antara Rp 2,5 juta – Rp 3 juta.

"Tapi yang non-kedokteran UKT tertinggi Rp 8.250.000 prodi teknik kimia, teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro," sebut Zaenuri.

Sedangkan untuk IPI pada kelompok 1 adalah Rp 0, dan yang tertinggi pada kelompok 5 yakni sebesar Rp 25 juta. Sementara untuk Fakultas Kedokteran maksimal mencapai Rp 150 juta

"Demikian juga terkait IPI, saya tegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir bahwa penerimaan melalui seleksi mandiri tidak didasarkan pada IPI maupun UKT yang ditulis pada saat mendaftar. Itu sesuai dengan kemampuan orang tua," tuturnya.

Bangunan di kampus UNNES. Foto: unnes.ac.id
Bangunan di kampus UNNES. Foto: unnes.ac.id

Unnes akan menerima 5.388 mahasiswa baru lewat jalur seleksi mandiri ini. Berikut jadwal 7 jalur seleksi mandiri yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru :

1. Seleksi Mandiri Prestasi

Seleksi Mandiri Prestasi merupakan seleksi mandiri untuk memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi non-akademik di sekolah di antaranya prestasi kejuaraan olahraga, seni, sains, dan prestasi keagamaan seperti hafid Qur'an. Seleksi Mandiri Prestasi UNNES dibuka pada 28 Maret-28 Juni 2024.

2. Seleksi Mandiri Kelas Internasional

Seleksi Mandiri Kelas Internasional adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) pada 27 Program Studi kelas internasional UNNES. Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang 1 dibuka pada 27 Maret-28 Juni 2024, dan Gelombang 2 pada 1-10 Juli 2024.

3. Seleksi Mandiri UTBK

Seleksi Mandiri UTBK adalah penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan skor hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024. Seleksi Mandiri UTBK SNBT dibuka pada 17 Juni-1 Juli 2024.

4. Seleksi Mandiri UTBK-Kelas Internasional

Seleksi Mandiri Jalur UTBK SNBT-Kelas Internasional adalah seleksi untuk 27 kelas internasional menggunakan skor UTBK tahun 2024. Kelas Internasional UNNES dibuka pada 17 Juni-1 Juli 2024.

5. Seleksi Mandiri Reguler Tes

Seleksi Mandiri Reguler Tes adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio.

Pendaftaran Seleksi Mandiri Reguler Tes Gelombang 1 dibuka pada 19 April-5 Juli 2024 dan Gelombang 2 : 1-19 Juli 2024.

6. Seleksi Mandiri Reguler Tes Gelombang 2

Seleksi ini merupakan kelanjutan dari Seleksi Mandiri pertama untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang belum terakomodasi melalui SM Reguler Gelombang 1

7. Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang 2

SM Kelas Internasional Gelombang 2 untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang belum terakomodasi melalui SM Kelas Internasional Gelombang 1.

Seluruh proses seleksi dilaksanakan secara daring melalui unnes.ac.id/admission.

Media files:
01j16ke1jbkef3f7cre1q76jre.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar