Seorang pengusaha muda bernama, Yuliandi, berbagi kisah dalam mengembangkan bisnis produk lokal, berupa skincare. Yuliandi mengawali bisnis skincare bernama Mirukaku, dari hanya usaha sampingan.
Yuliandi awalnya seorang karyawan yang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan kosmetik, termasuk di salah satu brand kosmetik Korea yang terkenal.
Memulai karir dari bawah sampai menjabat sebagai seorang manajer di perusahaan kosmetik, membuat sebuah ide dan inspirasi muncul untuk mendirikan bisnis kosmetiknya sendiri. Dorongan lainnya adalah keinginan untuk berkembang lebih jauh dalam menciptakan usaha dan lapangan pekerjaan.
Bekerja sama dengan beberapa teman, Yuliandi memulai proses perencanaan dan percobaan sampai terlahir satu produk unggulan, yaitu Mirukaku C-DHA Gold Serum Brightening Effect. Sayangnya, hal ini tidak bertahan lama karena pandemi COVID-19 yang melanda, sehingga pada 2020 Mirukaku sempat vakum dan hanya menjadi bisnis sampingan.
Pada 2023, Mirukaku kembali bangkit. Saat itu, Yuliandi memasarkan produknya dengan proses marketing tradisional. Mengandalkan reseller kecil dan promosi langsung kepada konsumen yang akhirnya berkembang.
Mirukaku menonjolkan keunikan dan kekuatannya sebagai brand lokal yang diproduksi sepenuhnya di Indonesia. Meskipun terlibat dalam persaingan harga yang tajam, Mirukaku tetap berpegang pada prinsip bahwa kualitas tidak bisa dikompromikan.
"Dalam menghadapi persaingan dan tantangan seperti kebiasaan konsumen yang menginginkan hasil instan tanpa memperhatikan risiko, Mirukaku perlu tanggap dan kreatif dalam memberikan edukasi dan menjaga kualitas produk bagi konsumen," ucap Yuliandi.
Dalam menghadapi tren dan perubahan preferensi konsumen, Yuliandi memastikan Mirukaku terus mengikuti perkembangan terbaru dalam industri skincare tanpa mengabaikan kebutuhan konsumen sesungguhnya. Inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang.
"Kami siap menghadapi tantangan trend dengan berinovasi dan mendengarkan kebutuhan konsumen, karena kami yakin kualitas yang baik dan pendekatan yang berkelanjutan dalam menjalani bisnis adalah jalan untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi," tutupnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar