Search This Blog

27.072 Siswa Lulusan SMP di DIY Tak Bisa Ditampung SMA/SMK Negeri

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
27.072 Siswa Lulusan SMP di DIY Tak Bisa Ditampung SMA/SMK Negeri
Jun 5th 2024, 17:49, by Widi RH Pradana, Pandangan Jogja

Ilustrasi siswa SMA. Foto: Kemendikbud RI
Ilustrasi siswa SMA. Foto: Kemendikbud RI

Sebanyak 27.072 siswa lulusan SMP atau sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini tak bisa ditampung di SMA atau SMK negeri. Pasalnya, jumlah lulusan siswa SMP di DIY tahun ini jauh lebih banyak ketimbang jumlah kuota di SMA/SMK negeri yang tersedia.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Suci Rohmadi, dalam sosialisasi PPDB tingkat SMA/MA/SMK tahun 2024 yang diselenggarakan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY pada Rabu (5/6).

Ia mengungkapkan, jumlah lulusan SMP/MTs di DIY tahun ini mencapai 58.451 siswa.

"Daya tampung kita di PPDB itu, di SMA Negeri hanya 15.016 siswa, di SMK Negeri 18.263 siswa. Jadi daya tampung kita hanya 33.279," kata Suci Rohmadi, Rabu (5/6).

Tak hanya itu, ada juga jumlah siswa lulusan SMP atau MTs dari luar DIY yang akan bersekolah di DIY jumlahnya mencapai 1.900 siswa.

"Sehingga masih ada 27.072 siswa kemungkinan yang tidak akan tertampung di bangku sekolah negeri, karena kuotanya hanya 33 ribu," lanjutnya.

Untuk siswa yang belum bisa tertampung di SMA/SMK Negeri, menurut Suci bisa mendaftar di MA maupun SMA/SMK Swasta.

"Tidak mungkin semuanya akan tertampung di SMA Negeri maupun SMK Negeri. Oleh karena itu memang PPDB DIY itu cukup ketat seleksinya," ujar Suci.

Media files:
01hzm06wr88v40acz7wdg6280k.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar