Search This Blog

Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai Kebajikan Universal di Pendidikan?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai Kebajikan Universal di Pendidikan?
May 23rd 2024, 18:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal. Sumber: Unsplash/Elisa Calvet B.
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal. Sumber: Unsplash/Elisa Calvet B.

Apa yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal dalam pendidikan? Secara umum, maksud dari disiplin dan nilai kebajikan merujuk pada hal-hal yang bersifat umum karena lintas suku, bangsa, agama, serta latar belakang.

Disiplin serta nilai-nilai kebajikan universal harus selalu ada dalam dunia pendidikan guna membentuk karakter siswa yang baik. Contohnya adalah siswa memiliki karakter disiplin, santun, jujur, pedulu, serta tanggung jawab.

Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal?

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal. Sumber: Unsplash/Unseen Studio
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Disiplin dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal. Sumber: Unsplash/Unseen Studio

Pendidikan di Indonesia selalu mengalami proses adaptasi seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu wujud dari adaptasi tersebut adalah membuat konsep yang sesuai dengan esensi pendidikan pada zaman tertentu.

Pada zaman sekarang, pendidikan memiliki konsep disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal. Apa yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal dalam dunia pendidikan?

1. Disiplin Positif

Dikutip dari buku The Beauty of Learning, Anggara (2023: 27), dari kebiasaan-kebiasaan baik akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah. Kemudian, karakter-karakter tersebut akan membentuk budaya positif.

Berdasarkan kondisi itu disiplin yang positif memang perlu dibentuk, diperkenalkan, dan diterapkan dalam dunia pendidikan. Dikutip dari buku Sebuah Resensi Pendidikan Guru Penggerak, Nurahayu, dkk. (2023: 77), tujuan mulia dari disiplin positif, antara lain:

  • Membentuk murid-murid yang berkarakter;

  • Membentuk murid-murid yang disiplin;

  • Membentuk murid-murid yang santun;

  • Membentuk murid-murid yang jujur;

  • Membentuk murid-murid yang peduli; serta

  • Membentuk murid-murid yang bertanggung jawab.

2. Nilai-Nilai Kebajikan Universal

Nilai-nilai Kebajikan universal juga termasuk konsep penting guna menghasilkan generasi penerus yang sesuai dengan perkembangan zaman. Nilai-nilai kebajikan universal memiliki sifat umum karena terlepas dari lintas suku, agama, bahasa, serta latar belakang.

Jadi, generasi penerus pun lebih memiliki sikap toleransi dan bijak dalam setiap bidang kehidupan, baik itu sosial, ekonomi, budaya, maupun aspek lainnya. Kini, jelas bahwa disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal memang penting dalam dunia pendidikan.

Baca juga: Ki Hajar Dewantara: Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio dan Ilmu Pengetahuan

Lantas apa yang dimaksud dengan disiplin dan nilai-nilai kebajikan universal dalam pendidikan? Maksudnya adalah memotivasi dan membentuk murid-murid agar memiliki karakter positif serta bijak dalam setiap bidang kehidupan. (AA)

Media files:
01hyjcrraq2nytz2zrprzefxfy.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar