Search This Blog

3 Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan terhadap Hukum dalam Kehidupan
May 23rd 2024, 18:40, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Deskripsikan Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga Sekolah Masyarakat dan NegaraNabeel Syed
Ilustrasi Deskripsikan Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga Sekolah Masyarakat dan NegaraNabeel Syed

Manusia sebagai makhluk sosial perlu mematuhi setiap hukum di lingkungannya. Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan kepatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga sekolah masyarakat dan negara!

Contoh kepatuhan di setiap lingkungan tersebut dapat berbeda-beda. Salah satu contoh kepatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga adalah mematuhi ketentuan jam pulang malam dari orang tua atau selalu membersihkan tempat tidur setiap pagi.

Deskripsikan Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga Sekolah Masyarakat dan Negara!

Ilustrasai Deskripsikan Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga Sekolah Masyarakat dan Negara. Sumber: Unsplash/Stephanie Hau
Ilustrasai Deskripsikan Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga Sekolah Masyarakat dan Negara. Sumber: Unsplash/Stephanie Hau

Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan kepatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga sekolah masyarakat dan negara! Salah satu pemahaman penting agar dapat mendeskripsikan secara jelas adalah memahami konsep kepatuhan hukum.

Dikutip dari buku Sosiologi Hukum, Aprita (2021: 207), menurut M. Sofyan Lubis, kepatuhan hukum pada hakikatnya adalah kesetiaan seseorang atau subjek hukum terhadap hukum itu yang diwujudkan dalam bentuk perilaku yang nyata.

Jika melihat makna kepatuhan hukum, jelas bahwa kepatuhan hukum dapat tercermin dalam perilaku yang nyata. Guna memahaminya secara lebih lanjut, berikut adalah contoh kepatuhan hukum di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

A. Kepatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga

Contoh kepatuhan hukum di lingkungan keluarga, antara lain:

  1. Ketika orang tua memberikan batas jam malam untuk main, anak mematuhinya dengan cara pulang ke rumah sebelum batas jam malam atau tepat pada batas jam malam.

  2. Ketika setiap tempat tidur menjadi tanggung jawab masing-masing, setiap anggota keluarga rutin membersihkannya setiap pagi.

  3. Ketika aturan di rumah tidak boleh makan saat berbicara, setiap anggota keluarga fokus untuk makan dan tidak berbicara sebelum selesai makan.

B. Kepatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Sekolah

Contoh kepatuhan hukum di lingkungan sekolah, antara lain:

  1. Siswa, guru, dan pegawai sekolah menggunakan seragam sesuai dengan peraturan sekolah.

  2. Siswa, guru, dan pegawai sekolah datang ke sekolah sesuai dengan peraturan sekolah.

  3. Siswa, guru, dan pegawai sekolah selalu menjaga sikap yang baik terhadap sesama warga sekolah.

3. Kepatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Masyarakat

Contoh kepatuhan hukum di lingkungan masyarakat, antara lain:

  1. Setiap warga selalu membayar iuran kebersihan secara rutin sesuai dengan kesepakatan dengan bersama.

  2. Setiap warga aktif mengikuti kerja bakti untuk menjaga kerapian dan kebersihan lingkungan bersama.

  3. Setiap warga aktif mengikuti siskamling untuk menjaga keamanan lingkungan.

4. Kepatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Negara

Contoh kepatuhan hukum di lingkungan negara, antara lain:

  1. Setiap warga negara mematuhi tata tertib lalu lintas.

  2. Setiap warga negara melakukan pembayaran pajak.

  3. Setiap warga negara ikut serta dalam pemilihan umum.

Baca juga: Contoh-Contoh Perilaku Saling Menghargai di Lingkungan Masyarakat

Kini, jelas bahwa instruksi deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan kepatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga sekolah masyarakat dan negara memiliki beragam jawaban. Hal itu terjadi karena hukum di setiap lingkungan berbeda. (AA)

Media files:
01hyj8gry7erpvfn14agwfgwsw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar