Search This Blog

Debat Panas Ganjar & Prabowo soal Internet Gratis, Jejak Digital 'Otak Lamban'

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Debat Panas Ganjar & Prabowo soal Internet Gratis, Jejak Digital 'Otak Lamban'
Feb 4th 2024, 22:03, by M. Rizki, kumparanNEWS

Prabowo dan Ganjar sebelum debat capres berlangsung, Minggu (4/2/2024). Dok: Iqbal Firdaus/kumparan
Prabowo dan Ganjar sebelum debat capres berlangsung, Minggu (4/2/2024). Dok: Iqbal Firdaus/kumparan

Materi soal internet gratis-otak lamban memanaskan suasana debat capres yang digelar KPU di Jakarta pada Minggu malam (4/2).

Awalnya, capres 03 Ganjar Pranowo diberikan kesempatan untuk bertanya kepada capres 02 Prabowo Subianto.

Ganjar bertanya ke Prabowo:

"Pak Prabowo saya punya program internet gratis untuk sekolahan, untuk UMKM. Tapi ada yang menarik Pak, di Pontianak pada tanggal 20 Januari Bapak menyampaikan, bahwa orang yang menginginkan internet gratis itu, maaf ini Pak, otaknya lambat," kata Ganjar.

Ganjar melanjutkan, "Padahal biasanya mereka otaknya cemerlang gitu ya. Di sisi lain, ketika Bapak menyampaikan itu, cawapres Bapak bicara IoT, hilirisasi digital, dan banyak program yang sebenarnya berbau digital."

"Padahal Pak dengan internet gratis dan coverage-nya bagus ini bisa mengatasi kesenjangan. Data pendidikan, kesehatan, kemiskinan, hampir semuanya ada. Nah ini dari BPS juga sudah menyampaikan Pak, bahwa kondisi ketimpangan digital ini sangat tinggi di tempat kita. Pertanyaan saya kepada Pak Prabowo, setuju tidak Bapak untuk memperbaiki ketimpangan digital ini dan bagaimana caranya?" tanya Ganjar.

Prabowo pun menjawab bahwa dia sesungguhnya setuju internet gratis:

"Mungkin tidak lengkap yang Bapak dengar ucapan saya. Yang saya katakan adalah, yang mana yang lebih penting, internet gratis atau makan gratis untuk orang yang sedang susah, untuk orang miskin, untuk orang kalangan bawah. Itu yang saya maksud. Kalau internet gratis ya saya setuju. Tapi jangan internet gratis lebih dipentingkan dari makan gratis, makan ini mutlak bagi rakyat kta. Mereka harus makan, anak-anak harus makan, orang miskin harus makan. Itu maksud saya," kata Prabowo menjawab pertanyaan Ganjar.

"Kalau internet gratis bagus untuk ketimpangan digital dan sebagainya. Saya sependapat. Mungkin ada yang lapor ke Bapak kurang lengkap, saya kira itu. Mungkin ya. Tapi saya tidak bermaksud bahwa internet gratis itu tidak penting. Tidak. Kalau dibandingkan dengan makan gratis, makan gratis bagi saya strategis mengatasi banyak masalah. Saya kira itu jawaban saya, makasih," kata Prabowo.

Setelah Prabowo menjawab begitu, moderator lalu memberikan kesempatan pada Ganjar untuk menanggapi jawaban Prabowo. Di sinilah Ganjar mengungkit soal jejak digital.

"Inilah hebatnya kalau coverage internetnya bagus, Pak. Jejak digital tidak akan pernah hilang Pak Prabowo. Maka, statement Bapak yang hari ini mencoba mengklarifikasi rasa-rasanya di publik sudah lewat, Pak. Karena pertanyaan Bapak itu sangat clear dengan membandingkan itu. Maka kalau kita berbicara kalau orang yang pilih internet gratis otaknya, maaf, lambat saya kira statement itu sangat sadis," kata Ganjar.

Ganjar pun melanjutkan, "Dan tentu saja apa yang mesti kita lakukan, Pak? Ada kurang lebih 12 ribu desa yang masih blind (blank) spot. Padahal kita ingin mendigitalisasi banyak hal untuk memberikan fasilitas, ya pendidikan, ya kesehatan, dan dua kementerian ini yang kita siapkan hari ini untuk jadi contoh. Kenapa? Karena relatif datanya lengkap kalau kemudian kita ingin membikin negara ini maju jauh lebih cepat."

Oleh moderator KPU, Prabowo pun diberikan kesempatan sekali lagi menanggapi pernyataan Ganjar. Ini yang Prabowo sampaikan:

"Maaf Pak Ganjar saya tegaskan kembali, dalam konteks internet gratis, kalau dibandingkan dengan makan gratis mana yang lebih diprioritaskan? Maksud saya adalah, makan gratis diprioritaskan. Bukan berarti internet gratis tidak penting. Sama sekali tidak. Saya apabila jadi presiden, saya akan bawa internet gratis ke seluruh desa di seluruh Indonesia. Jelas itu," kata Prabowo.

"Tapi makan gratis untuk anak-anak Indonesia dan ibu-ibu hamil itu strategic, itu utama bagi saya. Terima kasih," kata Prabowo.

Media files:
01hnt11xwfbnyz47ebsjgh86zp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar