Search This Blog

Tema Khotbah Akhir Tahun 2023: Eben Haezer, Sampai di Sini Allah Menolong

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tema Khotbah Akhir Tahun 2023: Eben Haezer, Sampai di Sini Allah Menolong
Dec 28th 2023, 23:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustasi khotbah akhir tahun 2023. Foto: Pexels/Vie Studio
Ilustasi khotbah akhir tahun 2023. Foto: Pexels/Vie Studio

Dalam hitungan hari, tahun 2023 akan berakhir. Dalam menutup tahun ini, tak ada salahnya untuk mengikuti ibadah tutup tahun dan mendengarkan khotbah akhir tahun 2023.

Ibadah tutup tahun biasanya akan berisi doa dan penyembahan, kesaksian, serta mendengarkan firman. Mengikuti ibadah di penghujung tahun juga bisa menjadi momen refleksi diri dan bersyukur atas semua penyertaan Tuhan.

Khotbah Akhir Tahun 2023, Eben Haezer

Ilustrasi khotbah akhir tahun 2023. Foto: Pexels/Eduardo Braga
Ilustrasi khotbah akhir tahun 2023. Foto: Pexels/Eduardo Braga

Kata Eben Haezer termasuk kata-kata yang populer dan favorit banyak umat Kristiani. Seperti yang tertulis dalam Alkitab dan buku Air Hidup Edisi 1, Dr. Indrawan Eleeas, (2011:211) eben haezer berarti sampai di sini Tuhan menolong kita.

Tema ini sangat cocok dijadikan topik khotbah akhir tahun 2023. Berikut ini contoh kotbah dengan tema Eben Haezer yang disarikan dari berbagai sumber:

Ayat bacaan: 1 Samuel 7:12

Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini Tuhan menolong kita."

Peletakan batu Eben-Haezer yang dilakukan Samuel adalah sebuah momen untuk mengingat pertolongan Tuhan. Juga sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan dan juga untuk memuliakan Tuhan. Hal ini juga menjadi momentum bagi bangsa Israel dan mendorong mereka untuk terus percaya dan mengandalkan Tuhan.
Eben-Haezer yang berarti "sampai di sini Allah telah menolong kita", bukan berbicara tentang pertolongan Tuhan yang telah selesai. Tetapi berbicara tentang pertolongan Tuhan yang sudah dimulai dan akan berlanjut terus. Hal ini menunjukkan Tuhan senantiasa menyertai umat-Nya.
Batu Eben-Haezer menunjukkan sikap atau respon Samuel dan bangsa Israel terhadap pertolongan Tuhan. Hal ini pun harus kita lakukan. Senantiasa mengingat pertolongan Tuhan dan mendorong kita untuk tetap percaya bahwa Tuhan senantiasa bersama kita, menyertai dan menolong kita.
Kita tidak harus meletakkan batu secara harfiah seperti yang dilakukan oleh nabi Samuel. Peletakan batu juga sebagai peringatan mengingat kebaikan Tuhan. Juga berbicara tentang selalu mengingat momen-momen kebaikan Tuhan atas hidup kita. Sebagai anak Tuhan kita perlu memiliki kepekaan untuk mengetahui momen yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita.
Dengan mengingat momen tersebut maka kita bisa bersyukur karena pertolongan Tuhan nyata atas hidup kita dalam satu tahun ini. Satu hal yang harus selalu diingat, sampai saat ini bahkan sampai selama-lamanya, Tuhan tetap menyertai dan menolong kita.
Jadi, tidak usahlah kita risau menghadapi tahun 2024. Meski dunia terlihat makin suram dan segalanya menjadi sulit, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang luar biasa.
Dia akan selalu menolong dan menyertai kita dalam sepanjang musim kehidupan. Tak ada lagi alasan untuk khawatir selama kita menjangkarkan hidup dan pengharapan kita kepadanya. We have Jesus, we have enough.
Tuhan memberkati.

Baca juga: Contoh Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Versi Kristen

Khotbah akhir tahun 2023 dengan tema Eben Haezer bisa menjadi rhema dalam kehidupan umat Kristen. Eben Haezer akan selalu mengingatkan bahwa pertolongan Tuhan selalu ada dan Dia selalu menyertai. (SASH)

Media files:
01hjrmaqwdpzy6039q8645kbpy.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar