Search This Blog

Penjelasan Daerah Kutub Bumi sebagai Pusat Gravitasi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Daerah Kutub Bumi sebagai Pusat Gravitasi
Aug 13th 2023, 19:08, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Daerah Yang Mempunyai Gaya Gravitasi Yang Besar Dan Menjadi Pusat Magnet Bumi Adalah, Foto: Unsplash/Petrovich9.
Ilustrasi Daerah Yang Mempunyai Gaya Gravitasi Yang Besar Dan Menjadi Pusat Magnet Bumi Adalah, Foto: Unsplash/Petrovich9.

Ibarat sebuah bola raksasa, bumi memiliki medan magnet yang sangat kuat. Daerah yang mempunyai gaya gravitasi yang besar dan menjadi pusat magnet bumi adalah daerah kutub bumi.

Medan magnet ini digunakan sebagai perisai untuk melindungi bumi dari radiasi sinar kosmik ataupun partikel bermuatan Matahari. Medan magnet bumi terbentuk dari gesekan lapisan besi dan nikel cair yang ada di bagian luar inti Bumi di kedalaman 3.000 kilometer dari muka Bumi.

Daerah Kutub Bumi sebagai Pusat Gravitasi

Ilustrasi Daerah Yang Mempunyai Gaya Gravitasi Yang Besar Dan Menjadi Pusat Magnet Bumi Adalah, Foto: Unsplash/alxpin.
Ilustrasi Daerah Yang Mempunyai Gaya Gravitasi Yang Besar Dan Menjadi Pusat Magnet Bumi Adalah, Foto: Unsplash/alxpin.

Dikutip dari buku Explore Geografi Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X karya Dra. Sri Wiyanti, M.Pd (2017: 92), rotasi bumi menyebabkan adanya gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal adalah gaya yang arahnya menjauhi pusat bumi.

Gaya sentrifugal menyebabkan bumi tidak bulat sempurna, tetapi pepat pada kedua kutubnya dan menggembung pada katulistiwa sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa.

Hal ini menyebabkan percepatan gravitasi bumi di daerah kutub lebih besar daripada di daerah khatulistiwa. Daerah yang mempunyai gaya gravitasi yang besar dan menjadi pusat magnet bumi adalah daerah kutub bumi.

Kutub bumi terbagi menjadi dua yaitu kutub utara dan selatan. Kutub utara magnet bumi terletak di sekitar kutub selatan bumi, begitu sebaliknya kutub selatan magnet bumi terletak di sekitar kutub utara bumi. Kutub utara magnet bumi dijadikan penjuru arah utara-selatan oleh jarum kompas penunjuk arah.

Di sisi lain, kutub utara magnet Bumi tidak bertepatan dengan kutub utara geografis. Kutub utara geografis bumi terletak pada 90 derajat lintang utara atau di Samudera Arktik. Kutub utara bersifat tetap dan jadi acuan arah utara pada peta atau utara sebenarnya.

Arah utara jarum kompas tidak menunjukkan utara yang sebenarnya atau utara geografis (disebut juga dengan istilah deklanasi), sehingga pengguna kompas di daerah lintang tinggi selalu memakai data koreksi untuk menuju arah utara sebenarnya.

Adapun sudut yang dibentuk oleh medan magnet (garis gaya magnet) bumi di suatu titik dengan arah horizontal permukaan bumi disebut sudut inklinasi.

Jarum kompas dalam keadaan bebas akan selalu mengarah ke utara-selatan bumi. Fakta tersebut menunjukkan kalau bumi merupakan magnet batang yang sangat besar.

Baca Juga: Kuat Medan Gravitasi pada Permukaan Bumi Setara dengan Apa?

Demikian uraian mengenai daerah yang mempunyai gaya gravitasi yang besar dan menjadi pusat magnet bumi adalah daerah kutub bumi. Kutub bumi terbagi menjadi dua yaitu kutub utara dan selatan. (Umi)

Media files:
01h7kxp7he3h76c6hkfgwfxbjf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar