Search This Blog

Teknik Penyajian Olahan Bahan Pangan yang Baik

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Teknik Penyajian Olahan Bahan Pangan yang Baik
Jun 11th 2023, 19:00, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Penyajian Olahan Bahan Pangan. Foto: dok. Jason Briscoe (Unsplash)
Ilustrasi Penyajian Olahan Bahan Pangan. Foto: dok. Jason Briscoe (Unsplash)

Penyajian olahan bahan pangan yang baik adalah dilakukan dengan teknik pengemasan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Terdapat beberapa standar khusus yang perlu dipenuhi dalam penyajian olahan bahan pangan agar panganan yang disajikan dapat tetap terjaga kualitasnya.

Pembahasan mengenai teknik penyajian olahan bahan pangan yang baik dalam artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai cara penyajian yang baik dan benar saat menyajikan bahan pangan.

Teknik Penyajian Olahan Bahan Pangan yang Baik dan Kriterianya

Ilustrasi Penyajian Olahan Bahan Pangan. Foto: dok. Becca Tapert (Unsplash)
Ilustrasi Penyajian Olahan Bahan Pangan. Foto: dok. Becca Tapert (Unsplash)

Olahan bahan pangan yang disajikan tentu membutuhkan teknik khusus agar kualitas bahan pangan tidak mengalami penurunan. Teknik penyajian olahan bahan pangan yang baik adalah cara pengemasannya yang benar.

Dalam buku berjudul Prakarya dan Kewirausahaan: Teoritik dan Praktik yang disusun oleh Muh. Fahrurrozi, ‎Mohzana, ‎Mispandi (2021: 140) disebutkan bahwa dalam teknik pengemasan bahan pangan, tidak semua bahan dapat digunakan sebagai wadah penyajian atau kemasan pangan olahan.

Terdapat beberapa kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian atau kemasan, antara lain:

  1. Bahan kemasan atau wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak mempengaruhi atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.

  2. Bahan kemasan atau wadah penyajian memiliki kekuatan sebagai tempat produk pangan olahan.

  3. Bahan kemasan atau wadah penyajian mudah diperoleh.

  4. Bahan kemasan atau wadah penyajian bahan pangan aman bagi kesehatan dan steril dari kontaminasi bakteri dan kuman.

Adanya pemenuhan kriteria pengemasan bahan pangan tersebut sesuai dengan fungsi kemasan. Hal ini sesuai dengan penjelasan tentang fungsi kemasan yang tertulis dalam buku berjudul Manajemen Strategi Pemasaran & Penjualan Hotel yang disusun oleh Dr. Zulkifli Harahap, MM Par., CHE , ‎Dr. Dino Leonandri, MM, CHA, ‎Daniel Sihombing, M.Si (2021: 178).

Tertulis dalam buku tersebut bahwa suatu kemasan dihitung dan dirancang agar kemasan tersebut memiliki fungsi untuk melindungi saat proses pengiriman, penyimpanan, dan saat proses penjualan produk.

Prosesnya melibatkan teknologi, akurasi dan estetika seni. Estetika kemasan perlu diperhatikan agar produk terkesan lebih menarik bagi konsumen.

Baca juga: Produk Pangan Primer, Olahan Bahan Pangan Setengah Jadi

Demikian pembahasan ringkas tentang penyajian olahan bahan pangan yang benar beserta kriterianya yang perlu dipenuhi. (DAP)

Media files:
01h2n57x7nem2qzkwgr1hjd0ev.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar