Search This Blog

Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri dalam Budaya Jepang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri dalam Budaya Jepang
Jun 11th 2023, 21:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri. Sumber: Pexels.com/Bagus Pangestu
Ilustrasi Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri. Sumber: Pexels.com/Bagus Pangestu

Shimin Matsuri merupakan salah satu nama perayaan yang ada di dalam budaya Jepang. Perayaan Shimin Matsuri umumnya diadakan oleh pemerintah atau keluarga.

Keberadaan perayaan ini memiliki kaitan dengan perkembangan agama Shinto yang ada di Jepang. Penjelasan ringkas mengenai perayaan Shimin Matsuri dapat membantu setiap orang yang hendak mengenalinya.

Perayaan Shimin Matsuri dalam Budaya Jepang

Ilustrasi Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri. Sumber: Pexels.com/W W
Ilustrasi Penjelasan tentang Perayaan Shimin Matsuri. Sumber: Pexels.com/W W

Shimin Matsuri merupakan salah satu perayaan yang ada di Jepang. Perayaan Shimin Matsuri biasanya diadakan oleh pemerintah atau keluarga.

Perayaan ini memiliki kaitan dengan keberadaan agama Shinto di Jepang. Mengutip dari buku berjudul Buku Pintar Seri Senior karya Gayo (2008:176), Shinto adalah agama rakyat yang terbatas dipeluk oleh orang Jepang sehingga tidak ada sifat kerasulan yang universal.

Pada buku yang sama, Gayo pun mengungkapkan bahwa agama Shinto adalah serangkaian kegiatan keagamaan yang mencakup perjalanan, festival, dan pemujaan kepada sekelompok dewa. Adapun dewa tertinggi dalam agama Shinto adalah Dewa Matahari.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa keberadaan Shimin Matsuri dapat dipengaruhi adanya festival dalam agama Shinto. Walaupun tampak memiliki kaitan dengan agama Shinto karena termasuk festival.

Faktanya, perayaan Shimin Matsuri dalam budaya Jepang tidak memiliki kaitan dengan institusi keagamaan.engutip dari laman stekom.ac.id, kata matsuri dalam bahasa Jepang memiliki arti sebagai festival. Adapun arti dari istilah Shimin Matsuri itu sendiri adalah festival rakyat.

Festival rakyat atau Shimin Matsuri yang ada di Jepang umumnya diadakan oleh pemerintah atau keluarga. Bukan untuk keagamaan, tujuan dari pengadaan festival rakyat ini adalah untuk menghidupkan perekonomian daerah.

Baca Juga: Pengertian Wibu Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia

Demikian menjadi jelas bahwa Shimin Matsuri merupakan sebuah istilah festival rakyat dalam budaya Jepang yang diadakan oleh pemerintah atau keluarga. Sekian pembahasan tentang Shimin Matsuri sebagai budaya Jepang kali ini.

Sampai jumpa dengan pembahasan seputar budaya dari dalam dan luar negeri lainnya. Semoga dapat bermanfaat. (AA)

Media files:
01h2n8drkqets55xs7xy7e0386.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar