Search This Blog

Kumpulan Sinonim Sejalan dalam Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kumpulan Sinonim Sejalan dalam Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya
Jun 25th 2023, 20:25, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Sinonim Sejalan, Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi Sinonim Sejalan, Unsplash/Thought Catalog

Sinonim sejalan merupakan salah satu informasi yang penting untuk pengguna bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan pemahaman terhadap sinonim ini bisa membantu pengguna bahasa Indonesia agar mempunyai kosakata yang lebih bervariatif.

Pemahaman sinonim dari suatu kata juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk mencegah terjadinya pengulangan kata secara berlebihan. Apabila suatu kata banyak mengalami pengulangan, maka akan menyebabkan salah paham.

Jenis-jenis Sinonim

  Ilustrasi Sinonim Sejalan, Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi Sinonim Sejalan, Unsplash/Thought Catalog

Berdasarkan buku Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT oleh Raditya Panji Umbara (2018: 14), sinonim merupakan suatu kata yang memiliki bentuk berbeda namun arti atau pengertiannya sama atau mirip.

Secara tersirat, dari penjelasan di atas memberikan pemahaman, jika berbicara mengenai sinonim sejalan, berarti membahas tentang kata yang memiliki arti mirip dengan kata sejalan. Namun, sinonim dari kata sejalan mungkin saja tidak sama secara mutlak.

Berdasarkan buku berjudul 99% Lolos TPA SBMPTN yang ditulis oleh The King Eduka (2017: 3), terdapat tiga jenis sinonim dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

  1. Sinonim mutlak, merupakan kata yang bisa bertukar tempat dalam konteks kebahasaan apapun tanpa mengubah makna struktural dan makna leksikal dalam rangkaian kata/frasa/klausa/kalimat. Contoh: laku = laris, larap.

  2. Sinonim semirip, merupakan kata yang bisa bertukar tempat dalam konteks kebahasaan tertentu tanpa mengubah makna struktural dan leksikal dalam rangkaian kata/frasa/klausa kalimat tersebut saja. Contoh: melihat = memandang.

  3. Sinonim selingkung, merupakan kata yang dapat saling menggantikan dalam satu konteks kebahasaan tertentu saja secara struktural dan leksikal. Contoh: ayu = manis.

Kumpulan Sinonim Sejalan

Ilustrasi Sinonim Sejalan, Foto Unsplash Rey Seven
Ilustrasi Sinonim Sejalan, Foto Unsplash Rey Seven

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka penting untuk memahami makna dari kata sejalan. Mengutip dari KBBI Daring (kbbi.kemdikbud.go.id), kata sejalan memiliki makna sebagai berikut:

  1. n sama jalannya (arahnya, tujuannya); setujuan; seiring setujuan (tentang pikiran, kemauan, tujuan)

  2. n sejajar (tentang garis): dua garis.

Menurut Sinonim dan Tesaurus Bahasa Indonesia, salah satu sinonim sejalan dalam bahasa Indonesia adalah searah. Ketahui sinonim lainnya dalam ulasan berikut ini:

  1. Searah

  2. Sebati

  3. Sehaluan

  4. Sehati

  5. Seia

  6. Sekata

  7. Seiram

  8. Seiring

  9. Sejajar

  10. Sejalan

  11. Senapas

  12. Sepaham

  13. Sepakat

  14. Sependapan

  15. Sependirian

  16. Sepemikiran

  17. Setujuan

Baca juga: Ulasan Arti dan Sinonim dari Kata Mengumpulkan dalam Bahasa Indonesia

Penggunaan sinonim sejalan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum menggunakan kata "sejalan", perlu diperhatikan bahwa makna kata tersebut memiliki arti berbeda tergantung dari konteks kalimat yang digunakan dalam komunikasi. (Adm)

Media files:
01h3rbsw22p5s5a55v3vd1pdnz.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar