Search This Blog

Makna Lapisan Emas pada Bagian Atas Tugu Monas di Jakarta, Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Makna Lapisan Emas pada Bagian Atas Tugu Monas di Jakarta, Indonesia
Mar 5th 2023, 17:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi artikel tentang lapisan emas pada bagian atas Tugu Monas. Sumber: Unsplash.com/Rifki Kurniawan
Ilustrasi artikel tentang lapisan emas pada bagian atas Tugu Monas. Sumber: Unsplash.com/Rifki Kurniawan

Lapisan emas pada bagian atas Tugu Monas melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Mari menilik maknanya lebih dalam dengan membaca uraian berikut.

Baca juga: Sejarah dan Nama Lain Museum Fatahillah yang Terletak di Kota Tua Jakarta

Mengungkap Makna dibalik Monumen Nasional, Monas di Jakarta

Ilustrasi Lapisan Emas. Sumber: Unsplash.com/Peter Olexa
Ilustrasi Lapisan Emas. Sumber: Unsplash.com/Peter Olexa

Monumen Nasional atau yang lebih familier dengan nama Monas merupakan sebuah tugu peringatan. Tujuan pendirian Monas ini adalah untuk mengenang perlawanan serta perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945. Oleh sebab itu, setiap sisi dari Monas memiliki makna yang dalam.

Contohnya adalah makna lapisan emas pada bagian atas Tugu Monas yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Subagio (2013: 9) dalam bukunya yang berjudul Go Go Indonesia: 101 Alasan Aku Bangga Jadi Anak Indonesia mengungkapkan,

Tugu peringatan ini (Monas) memiliki sebuah batu obeliks yang terbuat dari marmer. Juga terdapat cawan di puncak monumen yang berfungsi sebagai penopang perunggu berbentuk api obor dengan berat 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Lidah api yang tak kunjung padam itu sebagai wujud semangat perjuangan rakyat Indonesia yang terus membara dalam meraih kemerdekaan dan mempertahankan negara Indonesia.

Penjelasan Subagio semakin menjelaskan bahwa lapisan emas pada Tugu Monas memang menyimbolkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaannya. Saat proses pembangunan, emas pada Monas memang seberat 35 kg.

Namun, saat ini berat total lapisan emas pada Tugu Monas telah mencapai 50 kg. Penambahan massa pada lapisan emas Tugu Monas bukan terjadi tanpa sebab. Pasalnya, sejumlah pengusaha menyumbangkan emas untuk melapisi Tugu Monas pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-50, yakni tanggal 17 Agustus 1995.

Keren, ya! Selain memiliki makna mendalam pada lapisan emas, keseluruhan Tugu Monas pun memiliki makna tersendiri. Tim Edu Penguin dalam bukunya yang berjudul Harapan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi-JK & UUD 1945 (Amandemen) mengungkapkan,

Tugu Monas yang menjulang tinggi dan melambangkan lingga (alu atau anatan) yang penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Semua pelataran cawan melambangkan Yoni (lumbung). Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang terdapat hampir di setiap rumah penduduk pribumi Indonesia.

Sekian uraian tentang Tugu Monas kali ini. Kalau ada waktu berlibur, kamu bisa mencoba berkunjung ke Monas untuk melihat secara langsung betapa bersejarah dan indahnya monumen ini. (AA)

Media files:
01gtp4sqqafq1p6p7c8ehfphfx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar