Search This Blog

Delapan Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Delapan Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat
Mar 24th 2023, 17:54, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Sumber: unsplash.com.
Ilustrasi delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Sumber: unsplash.com.

Tuliskan delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Contoh interaksi sosial itu banyak. Namun karena sudah menjadi bagian dari kehidupan, masyarakat tidak memikirkan definisinya lagi.

Sebagai makhluk sosial, interaksi sosial itu mutlak, hanya bentuknya saja yang berbeda-beda. Interaksi sosial tampak dalam tindakan-tindakan kecil hingga aktivitas yang melibatkan banyak orang.

Baca juga: 4 Faktor Penyebab Konflik pada Interaksi Sosial

Tuliskan Delapan Contoh Interaksi Sosial di Lingkungan Masyarakat

Berikut delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat:

  1. Melakukan komunikasi verbal dengan orang-orang yang ditemui. Bahan percakapan bisa berupa hal-hal yang diminati kedua pihak atau sekedar basa-basi. Melalui kata-kata, individu atau kelompok dapat berinteraksi dan saling bertukar informasi, gagasan, atau pendapat.

  2. Melakukan komunikasi nonverbal melalui tindakan atau ekspresi tubuh seperti senyum, gerakan tangan, atau postur tubuh. Ini wajar dilakukan masyarakat di Indonesia, bahkan sering dilakukan terhadap orang yang belum dikenal.

  3. Melakukan kerja sama atau interaksi sosial kooperatif untuk mencapai tujuan bersama. Antara lain melalui gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

  4. Interaksi sosial juga bisa terjadi dalam bentuk persaingan. Misalnya sama-sama berjualan di pusat oleh-oleh dengan jenis jualan yang sama.

  5. Interaksi sosial juga bisa terjadi dalam bentuk konflik. Ini merupakan akibat adanya ketidaksepakatan. Ribut dengan tetangga soal parker kendaraan adalah contoh yang sering terjadi.

  6. Hampir sama dengan kerja sama, ada interaksi sosial akomodasi, yaitu berusaha saling menerima kepentingan orang lain. Contohnya menerima ketika ada tetangga yang minta ijin menutup sebagian jalan untuk pesta pernikahan.

  7. Interaksi sosial asimilasi yang makin sering dilakukan dalam masyarakat yang makin terbuka, yaitu individu atau kelompok membangun hubungan dengan orang lain yang berbeda dari diri mereka. Contohnya, banyak perumahan yang dihuni oleh pendatang yang hidup rukun.

  8. Setelah sekian lama hidup berdampingan, kadang terjadi akulturasi dimana seseorang secara natural menerapkan budaya yang dibawa orang lain ke dalam kehidupannya. Contohnya menyelenggarakan syukuran pindah rumah sesuai dengan adat setempat meski merupakan pendatang.

Pengertian Interaksi Sosial dalam Masyarakat

Ilustrasi delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Sumber: unsplash.com.
Ilustrasi delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat. Sumber: unsplash.com.

Aktivitas tuliskan delapan contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat di atas merupakan wujud dari pengertian interaksi sosial tersebut.

Menurut buku Komunikasi dan Interaksi Sosial Anak (2021) yang ditulis oleh Encep Sudirjo dan Muhammad Nur Alif, interaksi sosial adalah hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya atau kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, dimana terjadi saling mempengaruhi dan saling menyesuaikan.

Masyarakat selalu diwarnai dengan hubungan-hubungan yang dinamis. Ketrampilan melakukan interaksi sosial akan mempengaruhi kenyamanan hidup. Karena itu, menjalin interaksi sosial yang baik di lingkungan masyarakat harus selalu diusahakan. (LUS)

Media files:
01gw8kmrega2s20thnwqpyrwhw.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar