Search This Blog

Terekam Kamera: Macan Tutul Melintas di Taman Nasional Baluran

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Terekam Kamera: Macan Tutul Melintas di Taman Nasional Baluran
Jul 7th 2024, 19:44, by Wisnu Prasetiyo, kumparanNEWS

Penampakan Macan Tutul di kawasan konservasi Baluran. Foto: Dok. Istimewa
Penampakan Macan Tutul di kawasan konservasi Baluran. Foto: Dok. Istimewa

Seekor macan tutul (pantera pardus) terekam kamera melintas di kawasan hutan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Momen munculnya macan tutul tersebut, direkam oleh salah seorang penumpang mobil pribadi yang sedang melintas di jalur Pantura Situbondo.

Video munculnya macan tutul diunggah oleh akun @masyuyu24 pada Sabtu (6/7). Saat ini, video tersebut telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali dan mendapat sebanyak 1.154 komentar.

Kepala Taman Nasional Baluran, Situbondo Johan Setiawan mengkonfirmasi kemunculan macan tutul tersebut.

"Diakui video tersebut lokasinya di jalan hutan menuju Savana Bekol di kawasan hutan Taman Nasional Baluran Situbondo," ujar Johan Setiawan saat dihubungi, Minggu (7/7).

Johan menjelaskan, populasi macan tutul di kawasan hutan Taman Baluran Situbondo terus berkembang. Kini sudah mencapai 34 ekor.

"Macan tutul itu ada di kawasan inti konservasi, memang ada beberapa spot khusus untuk melihatnya, namun kami tidak dapat menjelaskan," katanya.

Johan juga menyampaikan khusus kepada pengunjung yang datang ke Taman Nasional Baluran wajib hati-hati. Hewan yang datang bisa menghampiri dari segala arah sehingga kaca mobil wajib ditutup.

Pesona Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Foto: Rizki Baiquni Pratama/kumparan
Pesona Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Foto: Rizki Baiquni Pratama/kumparan

"Kami melarang pengunjung masuk menjelang magrib, karena banyak hewan berkeliaran yang rata-rata nokturnal (hewan yang hidup ketika malam hari),"bebernya.

Lebih jauh Johan menjelaskan, pihaknya juga melarang pengunjung menggelar tikar dan memberi makan hewan liar, saat melewati di Savana Bekol.

"Kami juga mengimbau kepada pengunjung yang menggunakan mobil bak terbuka sebaiknya ditutup karena, karena dikhawatirkan ada banyak hewan liar yang membahayakan masuk mobil seperti ular di pohon yang tiba-tiba jatuh,"pungkasnya.

Media files:
01h7q5an78pggdn3gy0d94x846.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar