Search This Blog

Dirjen Imigrasi: Sistem Perlintasan Bandara-Pelabuhan Internasional Sudah Pulih

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dirjen Imigrasi: Sistem Perlintasan Bandara-Pelabuhan Internasional Sudah Pulih
Jun 25th 2024, 19:48, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Direktur Jenderal , Silmy Karim
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim

JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, pada rilis yang diterima redaksi, menyampaikan jika sistem aplikasi perlintasan yang digunakan untuk pemeriksaan keimigrasian secara digital, sudah berjalan normal sejak recovery pada Sabtu (22/6) malam.

Sedangkan autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Minggu (23/6) pagi. Aplikasi M-Paspor dan Cekal Online juga sudah sepenuhnya beroperasi normal seperti biasa. Ada pun sistem paspor ditargetkan untuk recovery pada hari Senin (24/4).

Silmy mengatakan, pengambilan keputusan pemindahan data center dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis di pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo teridentifikasi.

Langkah tersebut diambil setelah mengamati perkembangan recovery server PDN yang tidak menunjukkan hal positif di hari pertama gangguan. Proses pengaktifan kembali sistem imigrasi pada data center yang baru membutuhkan waktu dua hari dari hari Kamis, tanggal 20 Juni 2024.

"Umumnya permasalahan teknis bisa terselesaikan dalam hitungan satu sampai tiga jam. Ketika sudah melebihi enam jam maka kami menyimpulkan bahwa ini pasti ada serangan lebih dari permasalahan teknis semata, misalnya masalah yang ditimbulkan oleh serangan siber," ujar Silmy.

"Permasalahan akibat serangan siber biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika serangannya ransomware. Sehingga kami harus putuskan pindah data center demi pemulihan pelayanan publik dan juga faktor keamanan negara. Dalam hal ini, saya mengapresiasi langkah recovery yang dilakukan rekan-rekan di imigrasi yang bertindak cepat dan bekerja 24 jam untuk memulihkan sistem imigrasi," kata Silmy lagi.

Dirinya berharap agar PDN Kementerian Kominfo segera pulih dan kembali normal, mengingat banyaknya pelayanan publik lainnya yang bergantung pada data center PDN.

"Kami tidak bisa menunggu PDN pulih. Kepentingan publik menjadi prioritas dalam upaya pemulihan kesisteman yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi, sehingga masyarakat yang akan melintas keluar dan masuk Wilayah Indonesia dapat terlayani dengan baik," kata Silmy kembali.

febry kodongan

Media files:
01j17px2z898gx41daaz10gtx5.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar