Search This Blog

7 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
7 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan
Jun 25th 2024, 20:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Sumber: pexels.com/PhotoMix Company
Ilustrasi untuk manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Sumber: pexels.com/PhotoMix Company

Daun kenikir adalah salah satu bahan tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat daun kenikir untuk kesehatan adalah dapat dijadikan sebagai obat maag. Selain itu ada fungsi lain daun kenikir yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kenikir adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk memasak. Tanaman ini sering digunakan sebagai lalapan. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk masakan dan obat adalah daun.

Macam-Macam Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Ilustrasi untuk manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Sumber: pexels.com/Yan Krukau
Ilustrasi untuk manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Sumber: pexels.com/Yan Krukau

Daun kenikir dikenal juga dengan nama daun ulam raja. Mengutip buku Green Smoothie ala Rita Ramayulis 100 Resep 20 Khasiat oleh Rita Ramayulis (2015: 31), daun kenikir adalah tanaman perdu dengan tinggi 75-100 cm dan memiliki aroma yang khas.

Tanaman dengan nama latin Cosmos caudatus ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat. Kandungan itu antara lain vitamin C, serat, protein, dan karbohidrat.

Dalam tanaman ini juga terdapat empat senyawa kuersetin yang mengandung antioksidan yang kuat. Dengan kandungan tersebut, kenikir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini tujuh manfaat kenikir untuk kesehatan menurut buku Dari Dapur Rumput Laut oleh Purwanti Pahrurodji (2021: 12):

1. Obat Maag dan Lemah Lambung

Daun kenikir mengandung tokoferol, polifenol, dan hidrosieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot sphingter lambung.

Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun kenikir lalu ditambah dengan garam lalu dimakan dalam bentuk lalapan.

2. Obat Lemah Jantung

Daun kenikir memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Senyawa flavonoid bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus lima lembar daun kenikir dengan 250 ml air. Minum rebusannya 2 kali sehari,

3. Obat Gondongan

Daun kenikir mengandung senyawa polifenol dan tokoferol yang bermanfaat meredakan peradangan akibat gondokan. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

Haluskan kenikir dengan cara ditumbuk, setelah itu campur dengan cuka (perbandingan 1:1). Oleskan campuran pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

4. Obat Payudara Bengkak

Daun kenikir dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi payudara bengkak akibat terus-menerus mengeluarkan ASI. Kandungan senyawa terpenoid dan antiinflamasi yang dimilikinya dapat meredakan pembengkakan. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil beberapa helai daun

  2. Siapkan kompor dengan api kecil, kemudian dibakar sampai layu.

  3. Usapkan daun pada sekitar payudara selagi hangat.

  4. Pengobatan dilakukan 3 kali sehari

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun kenikir mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Kandungan senyawa protein dalam kenikir juga membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Kenikir juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Penambah Nafsu Makan

Daun kenikir dapat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan karena kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan.

7. Mengatasi Bau Mulut

Daun kenikir memiliki kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan memebrsihkan lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

Baca juga: Kandungan Nutrisi, Kalori Jambu Air dan Manfaat Jika Mengonsumsinya

Itulah tujuh manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Jadi, kenikir adalah tanaman yang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat. Pemanfaatannya dapat digunakan untuk masakan maupun sebagai obat. (IND)

Media files:
01j177y78ygjxa1e4t3r3vpetf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar