Search This Blog

Bahasa Iklan Produk Makanan: Ciri, Tujuan, dan Fungsinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bahasa Iklan Produk Makanan: Ciri, Tujuan, dan Fungsinya
May 21st 2024, 20:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Kevin Rajaram
Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Kevin Rajaram

Iklan sangat penting untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Iklan yang baik harus menggunakan bahasa yang menarik. Lantas, bagaimana bahasa iklan produk makanan?

Iklan produk makanan sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Ikan tersebut menggunakan bahasa sedemikian rupa sehingga mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan?

Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Subhan Shahzad
Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Subhan Shahzad

Mengutip dari Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8, Heriyanto (2021:62), iklan adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakarsa yang disampaikan lewat media yang ditujukan kepada masyarakat.

Iklan dibuat agar masyarakat tertarik untuk menggunakan atau membeli barang atau jasa tersebut. Ada beragam produk yang diiklankan, salah satunya adalah makanan. Bagaimana bahasa iklan produk makanan? Berikut ciri-ciri bahasa iklan produk makanan.

1. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan jenis kalimat yang bertujuan untuk membujuk dan meyakinkan pembaca atau pendengar agar melakukan gagasan yang dicetuskan dalam kalimat tersebut. Iklan harus dibuat menggunakan kalimat persuasif supaya pembaca atau pendengar terbujuk untuk menerima tawaran dalam iklan.

2. Slogan dan Jargon Khusus

Iklan harus menarik dan mudah diingat. Oleh sebab itu, iklan dibuat dengan slogan dan jargon khusus. Slogan biasanya hanya terdiri dari empat hingga lima kata tertentu yang kreatif, menarik, dan tidak ketinggalan zaman.

3. Singkat dan Mudah Dimengerti

Iklan yang benar akan menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Tujuan dan Fungsi Iklan

Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Charlesdeluvio
Ilustrasi untuk Bagaimana Bahasa Iklan Produk Makanan. Sumber: Unsplash/Charlesdeluvio

Iklan dibuat untuk memenuhi tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan iklan.

1. Memperkenalkan Produk

Tujuan utama iklan adalah untuk memperkenalkan barang atau jasa kepada calon konsumen. Terutama jika barang atau jasa tersebut merupakan jenis baru yang belum banyak diketahui oleh orang.

2. Menawarkan Produk

Iklan juga dibuat untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat. Menawarkan produk ini sangat penting karena bisa meningkatkan penjualan.

Selain memiliki tujuan tertentu, iklan juga memiliki beberapa fungsi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Memberikan Informasi

Sejatinya, iklan dibuat untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada masyarakat mengenai suatu hal, misalnya barang atau jasa.

2. Membujuk

Iklan juga berfungsi untuk membujuk. Artinya adalah iklan berfungsi sebagai sarana untuk membujuk masyarakat untuk menggunakan dan membeli produk yang diiklankan.

Baca juga: Pengertian Iklan dan Jenis-jenisnya sebagai Media Promosi

Bagaimana bahasa iklan produk makanan? Bahasa iklan memiliki beberapa ciri seperti menggunakan kalimat persuasif, slogan, dan singkat. (KRIS)

Media files:
01hyd4x261rkghk32brjmnyh3h.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar