Search This Blog

6 Jenis Pengembang Teks Eksposisi beserta Contohnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
6 Jenis Pengembang Teks Eksposisi beserta Contohnya
May 21st 2024, 21:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi. Foto: Unsplash/Mel Poole
Ilustrasi sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi. Foto: Unsplash/Mel Poole

Dalam belajar bahasa di sekolah, salah satu materi yang dipelajari adalah teks eksposisi. Teks eksposisi sendiri memiliki beberapa jenis pengembangan. Sehingga timbul pertanyaan, sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi!

Sebab, teks eksposisi adalah jenis pengembangan paragraf yang isinya bertujuan untuk menjelaskan hingga menerangkan sesuatu kepada orang lain. Di sisi lain, dibutuhkan adanya contoh untuk memudahkan dalam memahami materi yang satu ini.

6 Jenis Pengembang Teks Eksposisi

Ilustrasi sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi. Foto: Pexels/Pixabay
Ilustrasi sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi. Foto: Pexels/Pixabay

Dikutip dari buku CMS (Cara Menguasai Soal) Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X,XI,XII oleh Tomi Rianto (2019) jawaban dari pertanyaan sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi terbagi menjadi enam macam, yakni:

1. Definisi

Teks eksposisi yang satu ini merupakan paragraf yang memaparkan definisi atau topik tertentu. Sehingga pengembang teks yang satu ini hanya memberikan pengertian atau definisi suatu objek pembahasan.

2. Proses

Pola proses merupakan suatu paragraf yang berisi langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir. Artinya, pola pemaparannya menjelaskan suatu hal, kejadian, atau proses dalam membuat dan menjalankan sesuatu.

Pola pengembangan ini tidak hanya diterapkan pada paragraf eksposisi namun juga paragraf prosedur.

3. Klasifikasi

Pola klasifikasi merupakan karangan teks yang memaparkan sesuatu hal dengan mengelompokkannya agar hal tersebut dapat tergambar jelas. Sehingga, penulis akan menjelaskan mengenai penggolongan suatu hal atau materi menjadi beberapa bagian.

Dengan begitu, pembaca memiliki pemahaman lebih terhadap materi atau topik yang dibahas, terutama apabila jenis atau golongannya banyak.

4. Ilustrasi

Pola ilustrasi merupakan karangan teks yang berisi langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir. Sehingga penulis akan memaparkan suatu contoh untuk menjadi gambaran atau ilustrasi.

Tujuannya untuk membantu atau memudahkan pembaca dalam memahami apa yang akan disampaikan paragraf oleh penulis.

5. Perbandingan

Pola yang satu ini merupakan karangan teks yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lain.

Hal ini digunakan untuk memperjelas argumen yang dipaparkan penulis sehingga membandingkan dua hal yang berbeda untuk memperkuat argumen.

6. Laporan

Eksposisi pengembangan laporan mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu. Sehingga, pembaca diajak untuk membaca laporan atas suatu kejadian sesuai dengan laporan secara umum. Sehingga, teks akan dibuat lebih runtut dan lengkap.

Contoh Teks Eksposisi

Ilustrasi contoh teks eksposisi. Foto: Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi contoh teks eksposisi. Foto: Unsplash/Aaron Burden

Adapun contoh teks eksposisi tentang definisi stres akademik yakni:

Tesis/Pendahuluan
Stres akademik adalah suatu kondisi ketika individu mendapat terlalu banyak tuntutan dan tekanan sehingga tak mampu mengelola jadwal akademiknya dengan baik. Tuntutan akademik yang didapat adalah ujian, kegiatan kelas, hingga kehidupan pasca pendidikan.
Isi
Stres akademik adalah kategori stres yang sifatnya merusak serta dapat menyebabkan seorang individu tak berdaya, kecewa, serta frustasi. Stres akademik dapat menimbulkan resiko pada tugas, nilai, dan performa belajar apabila tidak dikelola dengan baik.
Penegasan Ulang
Kondisi stres akademik dapat dikenali dari ciri fisik penderitanya, yaitu mudah lelah, sakit kepala, serta tak mampu beristirahat dengan maksimal. Jadi, stress akademik ialah keadaan yang mengganggu bagi seorang pelajar karena dapat beresiko mengganggu pendidikannya.

Baca Juga: Alasan Mengapa Teks Eksposisi Menjabarkan Sebuah Fakta

Itulah penjelasan sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi. Dengan adanya pengembangan memudahkan pembaca dalam memahami maksud secara detail dari suatu peristiwa.(MZM)

Media files:
01hyd19zrx500ngtcbqxns19cp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar