Search This Blog

Penjelasan Bagian Inti atau Isi Pidato dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Bagian Inti atau Isi Pidato dalam Bahasa Indonesia
Jan 27th 2024, 18:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Bagian Inti atau Isi Pidato! (Sumber: Pexels/Matheus Bartelli)
Ilustrasi Jelaskan Bagian Inti atau Isi Pidato! (Sumber: Pexels/Matheus Bartelli)

Menuangkan gagasan dalam teks pidato bahasa Indonesia dan mempresentasikannya merupakan keterampilan tersendiri. Jelaskan bagian inti atau isi pidato!

Teks pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang dan tidak mendapat langsung dari pendengar. Orang yang melakukan pidato disebut dengan orator.

Jelaskan Bagian Inti atau Isi Pidato Bahasa Indonesia!

Ilustrasi Jelaskan Bagian Inti atau Isi Pidato! (Sumber: Pexels/ICSA)
Ilustrasi Jelaskan Bagian Inti atau Isi Pidato! (Sumber: Pexels/ICSA)

Struktur teks pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir merupakan penutup pidato. Apabila salah satu struktur tidak dicantumkan, maka teks pidato tersebut tidak akan menjadi teks yang sempurna. Berdasarkan hal tersebut, perlu dipahami mengenai apa itu isi pidato.

Dikutip dari buku Libas ANBK untuk SD/MI: Latihan Soal dan Prediksi Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Fitri Lianingsih (2023: 25), ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah teks pidato bahasa Indonesia.

Isi pidato adalah bagian yang penting karena dalam isi ini mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan. Pada bagian isi, sang orator akan menjelaskan secara detail dan juga jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendengar.

Ketika ingin menuliskan tentang isi pidato, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami:

1. Menentukan Topik dan Tujuan

Pokok atau topik dan tujuan pembicara dalam suatu pidato merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pokok atau topik pembicaraan merupakan persoalan yang dikemukakan, sedangkan tujuan berhubungan dengan tanggapan pendengar.

2. Mengumpulkan Bahan

Bahan-bahan yang dikumpulkan harus berhubungan dengan persoalan atau topik yang akan dibahas. Lebih lengkap bahan yang diperoleh, maka dapat memperlancar pembicara dalam menyusun suatu naskah.

3. Mengembangkan Kerangka Uraian

Naskah pidato disusun berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan baik. Pergunakan kata-kata yang tepat, penggunaan kalimat yang efektif, pemakaian istilah, dan gaya bahasa.

Baca juga: 3 Contoh Pidato Pendidikan Singkat dan Berkesan

Demikian jawaban dari pertanyaan terkait jelaskan bagian inti atau isi pidato. Perlu diingat, berpidato merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

Media files:
01hn54251zzn7j10ntew6w00pw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar