Search This Blog

4 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
4 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan
Dec 29th 2023, 17:55, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Sumber Unsplash/RUT MIIT
Ilustrasi Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Sumber Unsplash/RUT MIIT

Saat ingin melanjutkan pendidikan pasca sarjana, tentu banyak yang harus dipertimbangkan. Salah satunya memilih jurusan S2 yang paling dibutuhkan di masa depan.

Berdasarkan buku Jalur Cepat Lulus S1 dan S2, Elfindri (2006:130), pendidikan S2 lebih mendalami penguasaan keilmuan dibandingkan dengan S1. Pada S2, mahasiswa sudah harus mampu menggali ilmu bukan dari text books lagi. Namun, memperoleh ilmu dari jurnal ilmiah sesuai dengan bidang yang diambil.

4 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

Ilustrasi Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan. Sumber Unsplash/Caleb Woods
Ilustrasi Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan. Sumber Unsplash/Caleb Woods

Umumnya, jurusan S2 tidak harus linear dengan jurusan S1. Berikut 4 jurusan S2 yang paling dibutuhkan dan banyak dicari oleh perusahaan.

1. Software Engineering

Software engineering adalah jurusan yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa agar mendapatkan perangkat lunak yang ekonomis dan lebih efisien.

Jurusan ini akan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya.

Prospek Masa Depan: Sebagai ahli (perencana, konsultan), dan peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, atau pemerintah.

2. Computer Science

Computer Science lebih dikenal dengan Teknik Informatika di Indonesia. Jurusan ini merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi.

Teknik Informatika adalah bagian dari disiplin ilmu yang berkaitan dengan studi empirik suatu fenomena, matematika, dan teknologi.

Prospek Masa Depan: Perbankan, atau programmer sistem analis instruktur perusahaan, baik pemerintah, swasta nasional maupun swasta asing.

3. Mathematics and Statistic

Jurusan Statistika merupakan pengkhususan (bagian) dari jurusan Matematika, sehingga pelajaran yang mendasari jurusan Statistika adalah pelajaran Matematika.

Prospek Masa Depan: Peneliti di Biro Pusat Statistik (BPS), LIPI, BPPT, pengolah data di berbagai instansi atau perusahaan, analis atau programmer komputer di perusahaan asing atau nasional, atau dosen.

4. Public Health

Public Health atau jurusan Kesehatan Masyarakat mempelajari suatu manajemen rumah sakit, dan pencegahan penyakit pada masyarakat melalui penyuluhan.

Prospek Masa Depan: Lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat dapat bekerja di rumah sakit, DEPKES, atau dosen.

Baca juga: Informasi Jurusan di ITB Program Studi Sarjana untuk Mahasiswa Baru

Demikian informasi jurusan S2 yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Diharapkan artikel ini dapat membantu calon mahasiawa dalam memilih jurusan. (DK)

Media files:
01hjs8nvmmvhjkpnktpng82ca3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar