Search This Blog

Bukan Ducati, Tapi Ini Ducasu Tiruannya dari China

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bukan Ducati, Tapi Ini Ducasu Tiruannya dari China
Oct 2nd 2023, 05:44, by Sena Pratama, kumparanOTO

Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net
Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net

Bicara motor tiruan asal China seperti tak ada habisnya, terbaru ada Ducati jadi-jadian dengan nama Ducasu. Sekilas kedua produk beda DNA ini memiliki bahasa desain yang sama.

Tapi ternyata tidak bila diamati lebih rinci lagi. Ducasu secara gamblang ingin menyamai desain Ducati SuperSport 950, melalui model yang dinamakan Ducasu DK400.

Alih-alih pakai mesin dengan isi silinder besar, sesuai angka pada namanya, motor Ducati kw ini menggunakan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net
Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net

Dari laporan Motomalaya, Ducasu DK400 berbekal mesin 2-silinder 385 cc, bertenaga 9 dk dengan torsi 28,5 Nm. Bandingkan dengan Ducati SuperSport 950, menggunakan mesin 937 cc L-twin silinder Desmodromic dengan output 108 dk dan torsi 93 Nm.

Penggunaan mesin yang lebih kecil itu juga berefek pada banderolnya, yang otomatis bisa dijual murah hanya sekitar 20 ribu yuan atau sekitar Rp 42,5 jutaan.

Oh iya bicara desain, fascia-nya semacam ada persamaan bentuk. Tengok saja lampu utama model split dengan sudut melancip, yang lengkap dengan lubang ram air pada sisi luar housing lampu.

Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net
Ducasu, tiruan Ducati dari China. Foto: dok. motomalaya.net

Lanjut menyoal fairing, lagi-lagi dibuat agak mirip. Khususnya lekukan, tarikan garis, maupun lubang pada bagian bawah, serta pada sirip kisi-kisi udaranya.

Adapun pada tengah ke belakang, menggunakan suspensi monoshock dengan swing arm tunggal, yang mana merupakan ciri khas motor Ducati. Dipercantik pula dengan knalpot dual pipe yang membuatnya makin berisi secara visual.

Sementara itu yang membuatnya beda jauh ada pada penggunaan sein. Pada Ducati menyatu pada spion, sementara di Ducasu menempel di fairing. Sisi premium dan elegannya jadi berkurang.

Urusan rangka juga mengguakan Deltabox atau twin spar alumunium, bukan tubular perimeter yang tersemat di motor Ducati. Bagian lain yang bikin mengernyitkan dahi adalah housing lampu rem, yang malah mirip Honda CBR500RR.

Media files:
01hbpkcnxp4yvec56y88ss4aa1.webp (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar