Search This Blog

6.520 Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Demo Buruh di Patung Kuda Hari Ini

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
6.520 Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Demo Buruh di Patung Kuda Hari Ini
Oct 2nd 2023, 08:45, by M Lutfan D, kumparanNEWS

Ilustrasi demo buruh. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Ilustrasi demo buruh. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Massa dari elemen buruh berencana melaksanakan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (2/10). Polisi menerjunkan ribuan personelnya untuk mengawal demonstrasi tersebut.

"Total ada 6.520 personel gabungan kita kerahkan untuk mengamankan aksi demo," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Trunoyudo merinci personel gabungan itu terdiri dari 4.530 personel Polri, 1.680 personel TNI, dan 310 personel Pemda DKI Jakarta.

Di sisi lain, Trunoyudo mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama aksi unjuk rasa berlangsung. Ia mengimbau masyarakat agar menghindari kawasan Patung Kuda.

"Kita juga siapkan rekayasa lalu lintas yang mengarah ke titik demo. Sifatnya tetap situasional namun diharapkan menghindari jalur tersebut," ungkap dia.

Berikut skema rekayasa arus yang telah disiapkan:

  • Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

  • Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (Situasional).

  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

  • Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, diwawancarai wartawan di sela aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023). Foto: Haya Syahira/kumparan
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, diwawancarai wartawan di sela aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023). Foto: Haya Syahira/kumparan

Rencananya, aksi unjuk rasa ini dihadiri ribuan buruh dari berbagai daerah. Mereka menuntut pemerintah untuk mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan menaikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen.

Hari ini, di MK bertepatan dengan adanya pembacaan putusan permohonan atas uji materi UU Cipta Kerja yang dimohonkan sejumlah serikat kerja.

Salah satu pemohonnya Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal. Permohonan yang akan diputus, yakni dengan nomor register 40/PUU-XXI/2023, 41/PUU-XXI/2023, 46/PUU-XXI/2023, 50/PUU-XXI/2023, dan 54/PUU-XXI/2023.

Media files:
01gpqcs8t6erthhqr40nzg7hjw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar