Search This Blog

Arti Teliti di KBBI dan Cara Meningkatkan Ketelitian Pada Kehidupan Sehari-hari

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti Teliti di KBBI dan Cara Meningkatkan Ketelitian Pada Kehidupan Sehari-hari
Sep 29th 2023, 19:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Charlesdeluvio
Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Charlesdeluvio

Teliti merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dan ada di dalam KBBI. Arti teliti adalah sikap cermat saat melakukan sesuatu. Sikap teliti ini harus dimiliki oleh semua orang.

Memiliki sikap teliti adalah keharusan agar dapat menyelesaikan suatu hal dengan lebih maksimal. Oleh sebab itu, semua orang harus berlatih agar dapat terbiasa melakukan sesuatu dengan teliti.

Arti Teliti dalam KBBI

Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Annie Spratt

Apa arti teliti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)? Istilah teliti dalam KBBI artinya adalah cermat, saksama, hati-hati dan ingat-ingat. Sementara itu, dikutip dari buku Kearifan Lingkungan dalam Perspektif Budaya Jawa, H. M Nasiruddin Anshoriy CH dan Sudarsono (2008), titi atau teliti adalah sikap seseorang yang cermat, jeli dalam menyelesaikan segala pekerjaan.

Sayangnya tidak semua orang memiliki sikap yang teliti. Padahal, dengan memiliki sifat teliti, maka sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih baik. Selain itu, dengan memiliki sikap teliti, maka seseorang tidak akan menyelesaikan pekerjaan dengan setengah-setengah.

Cara Meningkatkan Ketelitian Pada Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi Arti Teliti. Sumber: Unsplash/Annie Spratt

Sikap teliti harus dimiliki dan diterapkan oleh semua orang. Agar dapat memiliki sikap ini, berikut cara meningkatkan ketelitian pada kehidupan sehari-hari.

1. Tidak Tergesa-gesa

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketelitian adalah tidak tergesa-gesa saat melakukan sesuatu. Setiap orang pastinya ingin menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat.

Namun, saat menyelesaikan sesuatu dengan terburu-buru maka hasilnya akan tidak baik. Maka dari itu, selesaikan setiap pekerjaan dengan pelan dan lebih teliti agar tidak ada hal kurang.

2. Cek Ulang

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek ulang setiap pekerjaan. Jika telah mengerjakan suatu hal, maka jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Dengan mengecek ulang, maka seseorang akan tahu bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau bahkan masih kurang.

3. Selalu Fokus

Cara ketiga untuk meningkatkan ketelitian adalah dengan selalu fokus. Jika fokus, maka setiap pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan maksimal. Jaga diri tetap fokus dengan cara bekerja di tempat yang tenang dan hindari berbagai emosi negatif.

Baca juga: Arti Huruf Braille dan Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Itu tadi adalah arti teliti dalam KBBI dan cara untuk melatih ketelitian. Sikap teliti dibutuhkan dalam kehidupan. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu teliti dengan apa yang sedang dikerjakan. (FAR)

Media files:
01hbg64fvtqwrwek0qk7na2sgm.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar